Waspada Listrik di Musim Hujan


 

Sebagian wilayah di Barat Pulau Jawa diguyur hujan sejak malam tahun baru. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menyampaikan bahwa potensi hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga tinggi disertai angin kencang dan petir masih akan terjadi hingga sepekan ke depan.
 
Untuk itu, PLN (Perusahaan Listrik Negara) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya membagikan wawasan agar Anda berhati-hati soal kelistrikan di musim hujan seperti ini. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?
 
1. Mencari Tempat Berteduh
Hindari berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, maupun panel penerangan jalan umum untuk menghindari risiko tersetrum dan lain sebagainya saat terjadi korsleting.
 
2. Pakai Sepatu Boots
Gunakan sepatu boots saat akan melewati genangan banjir. Usahakan memilih sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari tegangan listrik bocor. Di samping itu sepatu boots juga bisa melindungi Anda dari benda-benda tajam seperti pecahan kaca atau paku.
 
3. Pakai Sarung Tangan
Dalam kondisi basah, gunakan sarung tangan karet bila hendak menyentuh instalasi kelistrikan.
 
4. Hubungi PLN
Bila menjumpai instalasi kelistrikan yang berpotensi bahaya, berikan tanda bahaya dan laporkan kepada kontak informasi PLN 123.
 
 
Baca juga:
5 Langkah yang Wajib Dilakukan Bila Anak Kesetrum Listrik
14 Strategi Bertahan Saat Listrik Padam
Aman Gunakan Listrik di Rumah
4 Penyakit Anak di Musim Hujan
Penyakit Khas di Musim Hujan
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Waspada Listrik di Musim Hujan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia