8 Buah Terbaik untuk Diet


Banyak orang yang sedang menjalani diet mengalihkan pilihan camilan pada buah. Tentu saja, buah adalah camilan siap saji yang alami dan kaya vitamin, serat, serta nutrisi lain. Elise Mandl, BSc, APD, ahli gizi di Austria, mengatakan bahwa buah sangat mendukung diet yang sehat. “Buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan,” ujarnya.
 
Ia memberikan daftar buah terbaik untuk diet:


1. Grapefruit

Setengah grapefruit hanya mengandung 39 kalori, namun menyediakan 65% vitamin C dari rekomendasi asupan harian. Di samping itu, buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga lebih lambat dalam melepaskan gula ke dalam aliran darah Anda. Diet rendah indeks glikemik terbukti dapat membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan.
 

2. Apel

Buah ini sudah sangat populer untuk diet. Ini disebabkan oleh kalorinya yang rendah tapi tinggi serat. Apel ukuran besar atau sekitar 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Karena tinggi kalori, apel membuat Anda lebih kenyang sehingga lebih sedikit makan sepanjang hari. Perlu diperhatikan, bahwa untuk mencapai itu, disarankan makan apel dalam bentuk utuh ketimbang dijus.

3. Kiwi

Kiwi sangat populer dengan vitamin C, E, folat, serta seratnya yang tinggi. Kiwi dapat membantu mengontrol gula darah dan mendukung kesehatan usus yang bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan.

4. Melon & Semangka

Tak banyak yang tahu buah yang tinggi kandungan air ini ramah terhadap penurunan berat badan. Menurut Elise, buah-buahan yang tinggi kadar air dapat membantu menurunkan berat badan ekstra. 1 cangkir atau sekitar 150 gram melon atau semangka dapat menghasilkan 46-61 kalori. Akan tetapi, semangka memiliki indeks glikemik yang tinggi, jadi Anda tetap perlu memerhatikan porsinya.

5. Jeruk

Jeruk rendah kalori, tinggi vitamin C, dan serat. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik, sebaiknya Anda memakannya utuh daripada mengonsumsinya dalam bentuk jus. Cara ini bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.

6. Pisang

Ini adalah buah padat kalori yang sudah banyak dikenal dalam diet. Kandungan gula yang rendah pada pisang dapat membantu penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa makan pisang per hari dapat mengurangi gula darah dan kolestrol.

7. Avokad

Sama seperti pisang, avokad juga termasuk salah satu yang paling padat kalori dan merupakan buah berlemak. Dalam setengah avokad atau sekitar 100 gram, Anda bisa mendapatkan 160 kalori. Dalam porsi tersebut, Anda juga bisa mendapatkan 25% vitamin K dan 20% folat dari total rekomendasi asupan harian. Penelitian menunjukkan 61 orang yang kelebihan berat badan dapat mengalami penurunan berat badan yang signifikan ketika rutin mengonsumsi 200 gram avokad per hari.
 
 
Baca juga:
Perut Jadi Rata Karena Olahraga atau Diet?
Cepat Langsing dengan Diet Tipe Ini
Salah Kaprah Makna Diet
4 Pilihan Diet Sehat
Contoh Menu Diet Sehat
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

8 Buah Terbaik untuk Diet

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia