Resep: Tahu Sosis



Untuk menjaga kesehatan tubuh, pola makan yang benar adalah kunci. Artinya, penting untuk selalu mengonsumsi gizi seimbang. Yang dimaksud dengan gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal. Ada 4 kelompok makanan yang dianjurkan ada dalam piring makan kita, yakni karbohidrat, sayur, buah, dan protein (nabati maupun hewani).
 
Protein nabati bisa didapat dari tahu, tempe, dan aneka biji-bijian atau kacang-kacangan. Tahu adalah salah satu protein nabati yang populer di Indonesia, selain tempe, tentunya. Selain tinggi protein, tahu mengandung banyak mineral yang berasal dari senyawa koagulan yang memadatkan sari kedelai sebagai bahan baku tahu.
 
Baca juga: Anak Perlu Konsumsi 4 Sumber Protein Nabati Terbaik Ini
 
Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Dari tahu goreng, pepes, omelet, sup, semur, hingga schotel. Bisa juga, Anda mencoba membuat Tahu Sosis yang diolah dengan cara dikukus ini. Yuk, coba membuatnya!
 
Bahan:
4 btg sosis sapi atau ayam, sesuai selera
2 bh tahu putih tawar
3 btr telur ayam
1 bh wortel yang dipotong dadu
3 btg daun bawang, cincang kasar
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
3 siung bawang putih, cincang halus
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumbuk tahu putih hingga lembut. Tambahkan telur, daun bawang, wortel, bawang putih, garam, dan merica lalu aduk hingga adonan tercampur dengan baik.
  2. Potong sosis menjadi dua bagian. Lalu belah potongan tersebut mejadi empat bagian, jangan sampai potongan terputus, sehingga terlihat seperti gurita atau kuncup bunga.
  3. Siapkan cetakan kue, oleskan bagian dalamnya dengan sedikit minyak.Masukkan adonan tahu yang sudah disiapkan ke dalam cetakan. Isi cetakan hingga ¾ penuh.
  4. Letakkan sosis yang sudah dibentuk ke bagian tengah adonan.
  5. Kukus adonan dengan api sedang selama 25 menit. Angkat. Keluarkan tahu sosis dari dalam cetakan saat akan disantap.
Tip Memilih Sosis
  • Sosis alami dan berkualitas biasanya berwarna lebih pucat. Sebaliknya, pewarna sintetis akan membuat warna sosis lebih mencolok.
  • Sosis segar yang siap diolah mempunyai tekstur yang lembut dan tidak berlendir. Sebaiknya hindari mengonsumsi sosis yang sudah berlendir karena telah disimpan terlalu lama.
  • Untuk menjaga kesegaran sosis, simpan dalam freezer. Jika membeli dalam jumlah banyak, simpan beberapa potong dalam plastik kemasan untuk digunakan dalam satu waktu. 
Baca juga:
5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein
Resep Tahu Popcorn, Kriuk dan Imut
Resep: Sup Tahu Ayam, Hangat dan Penuh Manfaat
 


Topic

#resepkeluarga #tipmemasak #nutrisikeluarga

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Resep: Tahu Sosis