8 Rujukan Website Belajar Online




Beberapa pemerintah daerah sudah mengambil kebijakan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagai upaya melindungi keselamatan peserta didik dan tenaga pendidikan di tengah merebaknya virus Corona. Beberapa sekolah pun sudah membuat pengumuman untuk ‘merumahkan’ sementara seluruh siswa dan pengajarnya satu hingga dua minggu ke depan.
 
Akan tetapi, perlu diingat, kondisi ini bukan berarti liburan. Anak-anak tetap harus belajar di rumah. Oleh karenanya, Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama juga dengan pihak swasta menyiapkan skenario belajar online bagi para siswa selama sekolah non-aktif. 
 
Anda bisa membantu mengoptimalisasi kegiatan anak-anak untuk belajar di rumah lewat platform berikut yang dapat diakses secara umum dan gratis:
 

Rumah Belajar : https://belajar.kemdikbud.go.id
Merupakan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android. Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.
 

Google G Suite for Education : https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/
Google membantu para siswa dan guru di Indonesia melanjutkan pembelajaran di luar sekolah melalui G Suite for Education - alat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang tersedia gratis dari Google. Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, yakni alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Hingga 1 Juli 2020, live streaming di fitur Hangouts Meet bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari.
 

Kelas Pintar : https://kelaspintar.id
Ini adalah portal yang menyediakan berbagai perangkat multimedia interaktif untuk belajar online. Kelas Pintar menyediakan satu bulan gratis bagi guru maupun siswa di seluruh Indonesia untuk menggunakan platformnya. Di sini, anak-anak juga bisa mendapatkan evaluasi atas pembelajaran melalui tes adaptif, pilihan ganda, tes berkala, hingga ujian semester.
 

Microsoft Office 365 : https://microsoft.com/id-id/education/products/office
Untuk memanfaatkan fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid. Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video. Dengan fasilitas Teams dalam Office 365, proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital dan guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fasilitas video conference.
 

Quipper School : https://www.quipper.com/id/school/teachers/
Guru dan sekolah dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa. Hal ini termasuk video, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi masuk mandiri peguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di seluruh Indonesia. Pelayanan ini diberikan oleh Quipper School bagi sekolah yang dinonaktifkan mulai 17 Maret 2020.
 

Sekolah Online Ruang Guru : https://sekolahonline.ruangguru.com
Para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara online yang disebut dengan live teaching setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa. Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru secara gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru.

 
Sekolahmu : https://www.sekolah.mu/tanpabatas
Sekolahmu menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis.

 
Zenius : https://zenius.net/belajar-mandiri
Zenius memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan proses belajar mandiri yang terstruktur. 
 
(Lela Latifa)
Foto: Pixabay

 


Topic

#corona #viruscorona #covid19 #coronavirus

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

8 Rujukan Website Belajar Online

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia