Anak Tetap Kurus, Meski Doyan Makan, Ini Sebabnya

Anak bukan tergolong anak yang susah makan. Makannya cukup teratur, dengan kandungan gizi yang bervariasi pula. Tapi kenapa badannya kecil bila dibandingkan dengan teman-teman seusianya?

Tubuh anak tergantung genetik dari mama dan papanya. Jika mama dan papa bertubuh kecil, wajar jika tubuh anak juga kecil. Yang perlu dikhawatirkan adalah jika tubuh mama dan papa besar, tapi tubuh anak kecil. Berarti ada yang salah pada proses tumbuh kembang anak. Coba cek aktivitas anak. Pada anak yang terlalu aktif, ada kemungkinan tubuh kecilnya karena faktor energi terkuras habis untuk aktivitasnya.

Baca juga:
6 Tanda Anak Kurus Sehat
5 Tanda Anak Makan Berlebihan


Jika tak ada masalah dengan faktor genetik dan aktivitas, coba Mama periksakan anak ke dokter anak spesialis gastro. Siapa tahu anak mengalami alergi yang berdampak pada pencernaannya. Atau bisa jadi anak mengalami masalah hipertiroid, yang menyebabkan semua makanan yang masuk ke dalam tubuhnya dipecah, sehingga tak terserap sempurna. Di rumah, coba Anda cek juga feses anak. Yang normal, feses itu tenggelam karena cukup serat. Jika fesesnya mengambang, itu artinya feses mengandung banyak lemak, dan menandakan lemak tidak terserap oleh tubuh. Segera cek ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, jangan sampai anak gagal tumbuh karena terlambat ditangani.

Foto: 123rf

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Tetap Kurus, Meski Doyan Makan, Ini Sebabnya