AS Izinkan Vaksin Pfizer untuk Anak 5-11 Tahun

vaksin pfizer untuk anak-anak


Vaksin COVID-19 untuk anak menjadi salah satu yang masih terus diperjuangkan secara global. Vaksin dapat menghambat laju persebaran virus di masa pandemi ini. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat akhirnya memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech bagi anak usia 5-11 tahun pada 29 Oktober 2021.
 
Otorisasi yang diberikan oleh FDA tersebut sudah berdasarkan hasil masukan dari para ahli komite penasihat independen. Disampaikan oleh FDA, respon imun anak-anak usia 5-11 tahun sebanding dengan mereka yang berusia 16-25 tahun. Berdasarkan hasil uji klinis, vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun 90,7% efektif dalam mencegah COVID-19.
 
Terkait keamanan, berdasarkan uji pada 3100 sampel anak usia 5-11 tahun yang menerima vaksin, tidak ada efek samping serius yang terdeteksi dalam penelitian yang sedang berlangsung. Vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun diberikan dalam dua dosis. Sementara, ada interval 3 minggu antara pemberian dosis pertama dan kedua. Dosis untuk anak usia 5-11 tahun lebih rendah daripada yang diberikan pada usia di atas 12 tahun, yakni hanya sepertiganya saja. Anak-anak 5-11 tahun akan diberikan dosis 10 mg.
 
Baca juga: 15 Tanya-Jawab Penting tentang Vaksin Anak 12-17 Tahun
 
Vaksinasi anak ini tentu menjadi kabar gembira bagi negeri Paman Sam ini. Sebab, berdasarkan data CDC, sekitar 8.300 anak berusia 5 hingga 11 tahun harus menjalani rawat inap akibat COVID-19. Penjabat Komisaris FDA, Janet Woodcock, MD mengatakan, “Sebagai seorang ibu dan dokter, saya tahu bahwa orang tua, pengasuh, staf sekolah, dan anak-anak telah menunggu izin hari ini. Memvaksinasi anak-anak yang lebih muda terhadap COVID-19 akan membawa kita lebih dekat untuk kembali ke keadaan normal.”
 
Vaksin Pfizer sendiri di Indonesia sudah diizinkan untuk digunakan kepada anak usia 12-17 tahun. Akan tetapi, Badan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum memutuskan pemberian izin penggunaan darurat vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun di Indonesia. Sementara, BPOM awal bulan ini sudah mengumumkan izin penggunaan darurat Vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun.
 
Baca juga:
Klaster Sekolah Meningkat, Apa Saja Gejala COVID-19 yang Paling Sering Muncul pada Anak
Panduan Jika Anak-Anak Harus Isolasi Mandiri (Isoman)
Dos & Don'ts Isolasi Mandiri di Rumah
Cegah Anak-Anak Jadi Generasi yang Mengalami Learning Loss Akibat Pandemi
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 


Topic

#usiasekolah #kesehatananak #vaksinanak #covid19 #vaksincovid19untukanak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

AS Izinkan Vaksin Pfizer untuk Anak 5-11 Tahun