Haruskah Anak PAUD dan TK Mengikuti PTM?

PTM anak TK dan PAUD


Mama dan Papa, anak-anak sudah mulai masuk Pertemuan Tatap Muka (PTM) belum? Bagaimana respons Mama dan Papa soal PTM ini?
 
Sebelumnya, SKB 4 Menteri yang dirilis pada 21 Desember 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 memang mengatur persoalan PTM ini. Beberapa orang tua mengaku masih khawatir bila anak-anak harus PTM 100%. Apalagi, saat ini omicron sedang merebak. Berbagai daerah di Indonesia sudah mengonfirmasi temuan kasus omicron. Berdasarkan SKB tersebut, orang tua tidak lagi bisa memilih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk anaknya.
 
Tak pelak, kondisi tersebut membuat tidak sedikit orang tua benar-benar harap-harap cemas. Apalagi untuk anak PAUD dan TK yang belum bisa mendapatkan vaksin COVID-19. Kondisi ini memang dilematis. Anak-anak sudah terlalu lama belajar di rumah. Mereka butuh bersosialisi dan butuh belajar langsung. Namun, kesehatan dan keselamatan anak-anak juga tetap harus menjadi hal yang paling penting.
 
Mama-Papa, sebetulnya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui pernyataan resmi terakhirnya yang dimutakhirkan 2 Januari 2022  belum menganjurkan PTM untuk anak di bawah usia 6 tahun. Berdasarkan rekomendasi IDAI, hal tersebut berlaku sampai dinyatakan tidak ada kasus COVID-19 baru atau tidak ada peningkatan kasus.
 
Anak-anak PAUD dan TK yang masih di bawah 6 tahun memang belum dapat diberikan vaksin COVID-19. Pakar menyebut bahwa balita lebih berisiko terhadap omicron karenanya.  Apalagi, omicron di negara lain seperti AS juga menyebabkan peningkatan rawat inap untuk pasien anak.
 
Untuk anak di bawah 6 tahun, IDAI merekomendasikan pembelajaran sinkronisasi dan asinkronisasi dengan metode daring dan mengaktifkan keterlibatan orang tua di rumah dalam kegiatan outdoor.
 
Di samping itu, sekolah dan orang tua dapat melakukan kegiatan kreatif seperti mengaktifkan permainan daerah di rumah maupun pembelajaran outdoor mandiri di tempat terbuka masing-masing keluarga dengan modul yang diarahkan sekolah seperti aktivitas berkebun, eksplorasi alam, dan sebagainya.
 
Baca juga:
Apa yang Terjadi Bila Anak-Anak Terkena Omicron?
8 Protokol Yang Harus Dilakukan saat Anak Pulang dari PTM di Sekolah
Klaster Sekolah Meningkat, Apa Saja Gejala COVID-19 yang Paling Sering Muncul pada Anak
Anak Kembali Masuk Sekolah, Ketahui Risikonya
Memberi Kacamata Antiradiasi untuk Anak saat Sekolah Online, Tepatkah?
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 


Topic

#usiasekolah #parenting #pendidikan #sekolah #sekolahtatapmuka #vaksincovid19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Haruskah Anak PAUD dan TK Mengikuti PTM?