Kalimat Efektif Agar Resolusi Anak Sukses Dilakukan


Bila Anda tertarik mendorong anak Anda menuliskan resolusinya di tahun baru, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar resolusi tersebut menjadi lebih efektif bagi keberhasilan mereka.
 
Dr. Kristen Eastman, PsyD, psikolog klinis pediatrik di Cleveland Children’s Hospital, AS, membagikan cara untuk membuat resolusi anak-anak lebih efektif, yakni dengan mengatakan “SAYA AKAN” ketimbang “SAYA TIDAK AKAN”. Anak-anak secara otomatis akan lebih fokus pada kalimat positif ketimbang kalimat yang menggunakan kata “TIDAK.”
 
Namun, Dr. Eastman menjelaskan bahwa kalimat “SAYA AKAN” perlu dijabarkan lagi menjadi lebih spesifik. Berikut ini contohnya:
 
Resolusi Pola Makan
Ketimbang menulis “Saya akan makan lebih sehat”, sebaiknya ganti dengan “Saya akan makan sayur 3 kali sehari dan menghabiskan bekal buah.” Anda bisa juga mengarahkannya untuk menulis “Saya akan minum segelas susu tiap sebelum tidur.”
 
Resolusi Aktivitas Fisik
“Saya akan lebih giat berolahraga” akan jauh lebih tidak efektif bila dibandingkan dengan resolusi “Saya akan bergabung dengan tim sepak bola” atau “Saya akan pergi berenang bersama Mama-Papa setiap hari Sabtu.” Aktivitas dan jadwal yang lebih jelas memudahkan mereka untuk memenuhi resolusinya.
 
Resolusi Screen Time
Alih-alih mengatakan “Saya akan mengurangi screen time”, lebih baik dijelaskan dengan cara menulis “Saya akan bermain gadget hanya 1 jam dalam sehari.” Bisa juga dituliskan “Saya akan mematikan gadget dan menonton TV satu jam sebelum jam tidur.”
 
Resolusi Keterampilan
Ketimbang mengatakan “Saya akan belajar hal baru” sebagai resolusi, sebaiknya menggantinya dengan hal spesifik seperti “Saya akan belajar main biola” atau “Saya akan belajar melukis.”
 
Resolusi Perihal Tugas Tanggung Jawab
Daripada mengatakan “Saya akan membantu Mama membereskan rumah” lebih baik mengatakan “Saya akan merapikan tempat tidur sendiri setelah bangun tidur” atau “Saya akan membereskan meja makan setiap selesai makan malam”. Kabar baiknya adalah membuat anak terlibat dengan komitmen pada tugas-tugas, dapat membuat anak merasa dibutuhkan sehingga rasa tanggung jawabnya meningkat.
 
Resolusi Kehidupan Sosial
Daripada menuliskan “Saya akan menjadi anak yang lebih baik”, ada baiknya diganti dengan “Saya akan selalu menyapa orang yang saya temui” atau “Saya akan selalu mengatakan tolong-terimakasih-maaf pada siapa saja.”
 
Resolusi Lingkungan
Lingkungan juga bisa dijadikan resolusi bagi anak-anak. Ketimbang mengatakan “Saya akan lebih ramah lingkungan” sebaiknya sarankan ia untuk mengatakan “Saya akan selalu membuang sampah pada tempatnya” atau “Saya akan mempersingkat waktu mandi untuk menghemat air.”
 
Selamat membantu si kecil menuliskan resolusi tahun barunya, Ma!
 
 
Baca juga:
Jadikan Ini Resolusi Tahun Baru Anak
7 Langkah Wujudkan Resolusi Tahun Baru
Resolusi Sehat Bersama Pasangan
Agar Resolusi Karier Tercapai
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Kalimat Efektif Agar Resolusi Anak Sukses Dilakukan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia