Pertanyaan Anak Seputar Menstruasi

Semakin dewasa anak, pertanyaan yang dilontarkan olehnya kepada Anda juga akan semakin banyak. Contohnya saja ketika anak perempuan Anda mulai penasaran dengan  menstruasi, dan bertanya-tanya kapan hal itu akan terjadi, bagaimana rasanya, apa yang harus dilakukan, dll. Inilah jawaban yang harus Anda persiapkan jika gadis kecil Anda mulai melontarkan pertanyaan seputar menstruasi:

Apa itu menstruasi? Menstruasi berarti tubuh seorang anak perempuan sudah cukup matang untuk hamil. Setiap bulan, salah satu indung telur akan melepaskan sel telur, yang disebut dengan ovulasi. Jika ovulasi terjadi dan sel telur telur tidak dibuahi, lapisan dinding rahim akan keluar melalui vagina, dan itulah yang disebut menstruasi

Kapan akan terjadi? Tak ada waktu yang pasti, dan berbeda-beda antar setiap anak perempuan. Namun biasanya menstruasi dimulai dua tahun setelah payudara mulai tumbuh. Biasanya anak perempuan mengalami menstruasi pertama di usia yang sama dengan usia mama pertama kali mendapat menstruasi dulu.

Apa yang harus dilakukan? Pembalut harus digunakan selama menstruasi. Ada beberapa jenis pembalut, dan berikan beberapa pilihan yang bisa si kecil coba hingga ia menemukan produk yang paling pas dan nyaman.

Sakit tidak? Meski tak semua perempuan mengalami, gejala premenstrual syndrome (PMS), seperti mood swing atau kram pada perut bagian bawah, mungkin terjadi sebelum menstruasi. Tapi gejala ini dapat diatasi dengan mengompres hangat atau minum obat penghilang rasa sakit.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia