4 Hal Tak Terduga Bayi Butuhkan

Beberapa aktivitas ini tergolong dibutuhkan bayi Anda.

Apa saja aktivitasnya dan apa manfaatnya bagi bayi? Temukan jawabannya di sini!

Tidur lebih lama
Berapa waktu rata-rata tidur bayi? Banyak orangtua mengira sekitar 8-12 jam sehari. Padahal, dibutuhkan antara 14-16 jam, termasuk tidur siang, khususnya bagi bayi hingga usia 1 tahun, kata Juan Martinez, M.D., director of the sleep lab di Joe DiMaggio Children’s Hospital, Hollywood, Florida.

Bermain dengan papa
Papa umumnya punya beberapa permainan seru yang bisa membuat bayi terbahak-bahak. Jangan langsung dilarang, Ma. Meskipun agak cemas dengan gaya permainannya, ternyata menurut Michael Wasserman, M.D., dokter anak dari Ochsner Clinical Foundation, New Orleans, banyak manfaatnya untuk bayi.

Main kuda-kudaan di bahu papa, misalnya, memberi anak pandangan baru terhadap dunia sekitarnya. Ini baik untuk perkembangan visualnya.

Disiplin sejak dini
Bersikap tegas dan menetapkan rambu-rambu aturan sejak dini memang perlu. “Jika kita mencintai seseorang, paling gampang bilang ’ya’. Namun, bila Anda benar-benar mencintainya, penting juga untuk sesekali bilang ’tidak,’“ jelas Dr. Wasserman.

Dengan memberi batasan, Anda memperkenalkan anak pada dunia nyata, yang notabene penuh aturan. Plus menghargai nasihat papa dan mama bisa membuatnya lebih mudah menghadapi masalah di masa mendatang.

Namun demikian, sebaiknya Anda jangan menerapkan disiplin dengan kekerasan fisik – jangan memukul, mengguncang-guncang tubuh, dan cara serupa lainnya.

Waktu sendiri
Jika Anda melihat anak berbaring di boks sambil menatap mainannya, pasti Anda langsung mengambil mainan tersebut dan menghiburnya. Jangan lakukan itu. Adakalanya bayi ingin sendirian, seperti mama dan papanya.

Meskipun terlihat aneh, anak butuh waktu juga untuk melepaskan diri dari pelukan boneka Elmo setelah bangun pagi. Baginya, berbagai pengalaman yang terjadi sepanjang hari, sekecil apapun, adalah suatu tantangan. Tidak beda dengan Anda kan? Versi bayi untuk menghindar dari semua itu adalah tidur sendirian.

Baca juga: Tips Agar Anak Cerdas Sejak Bayi

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia