Mengapa Kulit Baru Lahir Keriput?

Anda pasti bingung kenapa kulit bayi baru lahir terlihat keriput dan tidak mulus? Jangan membayangkan kulit bayi Anda yang baru lahir akan lembut seperti sutera.

Meski struktur dan komponen kulitnya sudah lengkap, permukaan kulit bayi baru lahir mengandung lapisan yang disebut vernix caseosa. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung, dan akan lepas dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Itu sebabnya, di awal kelahirannya, Anda akan melihat kulit bayi seperti berkeriput, terutama di bagian tangan dan kaki. Selang beberapa hari kemudian, lapisan ini akan mengelupas, dan kulit yang sebenarnya mulai muncul.

Perlahan, kulit yang tadinya keriput pun berubah menjadi kulit yang mulus dan halus. Yang pasti, jangan pernah tergoda untuk mengelupas kulitnya. Karena lapisan di kulitnya itu justru memberi perlindungan ekstra pada kulitnya yang sensitif.
Cukup jaga agar kondisi kulit bayi selalu bersih, dan rawat kulitnya dengan cara memandikannya menggunakan air hangat dan sabun khusus bayi. (Foto: dok.Feminagroup.) 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia