Anak di Day Care
Apakah Mama & Papa mau menitipkan anak di day care?
Mau
Masih dalam pertimbangan
Tidak mau

4 Gaya Terbaru Pengasuhan Anak

Tiap orang tua memilih gaya pengasuhan anak yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 4 gaya pengasuhan anak terbaru. Anda termasuk yang mana?


Hippo parent

Orang tua yang akan ‘menduduki’ anaknya sampai mereka mau menurut. Istilah ini bermula dari sebuah surat pembaca yang dimuat di harian Boston Globe. Pengirim surat memberi saran untuk membuat anak patuh pada orang tua: “For heaven’s sake, sit on them!”


Panda dad

Peran papa yang berlawanan dengan Tiger mom ala Amy Chua (mama yang membesarkan anak-anaknya dengan ultra-disiplin dan standar prestasi yang tinggi). Dalam Wall Street Journal blog, Alan Paul yang pernah tinggal selama lebih dari 3 tahun di Beijing bersama keluarganya, memilih metode pengasuhan anak yang ia sebut ‘kerusuhan yang terkontrol’. “Meski membuat beberapa pengasuh anak saya tidak tahan, cara pengasuhan seperti itu cocok untuk keluarga saya,” ujarnya.


Hot-tub parent

Mama atau papa yang berusaha menciptakan suasana dan lingkungan nyaman untuk bisa mengobrol dengan anak-anaknya.”Mengajak anak duduk hanya untuk ‘berbicara’ tidak akan efektif. Lebih baik ‘pembicaraan’ dilakukan saat ngobrol sambil melakukan aktivitas lain,” ujar Julie Knight dalam tulisannya di Patch.com. “Beberapa obrolan yang paling menarik dengan anak-anak terjadi saat kami berendam dalam hot tub.”


Wishbone parent

Orang tua yang hanya bisa berharap. Mereka ‘lembek’ terhadap anak-anaknya tapi selalu berharap suatu hari anak-anak mereka akan berperilaku lebih baik. Maureen Healy menulis untuk website Psychology Today, “Para orang tua tipe ini memiliki niat yang baik tapi tidak melakukan hal-hal yang penting seperti menerapkan disiplin yang konsisten dalam pengasuhan anak.”




   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+