Kenali Bahan Pemanis Buatan (II)

Pemanis buatan makin banyak jenisnya di pasaran. Apakah lebih baik, atau lebih buruk, bagi anak-anak ?


Bahan pemanis buatan.

Food and Drugs Administration sudah mempertimbangkan lima bahan pemanis buatan yang aman dikonsumsi setiap harinya oleh anak-anak dan orang dewasa: aspartame, acesulfame potassium, sucralose, neotame, serta saccharin (keamanan saccharin memang jadi pertanyaan, namun studi jangka panjang menunjukkan tidak berisiko kanker pada manusia). Kelebihannya: Bebas kalori, tidak meningkatkan kadar gula darah, dan tidak menyebabkan gigi berlubang. Kekurangannya: Saccharin, aspartame, dan acesulfame potassium tidak terasa seperti gula. Dan, aspartame tidak bisa digunakan untuk memasak. Kalori: 0.


Madu dan sirup maple

Keduanya mengandung sukrosa, fruktosa, dan air serta bisa cepat menaikkan kadar gula darah. Madu tidak aman bagi bayi di bawah satu tahun. Kalori: sekitar 22 per sendok teh.


Stevia

Ekstrak tumbuh-tumbuhan ini belum pernah diuji pada manusia, tetapi studi pada binatang menunjukkan adanya kaitan antara masalah reproduksi dan kanker. Pakar gizi mengingatkan, stevia tidak boleh diberikan pada siapapun sampai ada info lebih banyak seputar keamanannya. Kalori: 0.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia