Agar Nyaman Bedrest Saat Hamil

Ada banyak alasan ketika dokter meminta Anda untuk bedrest. Apa yang bisa dilakukan agar tetap nyaman.

Apapun alasannya, bedrest kerap membuat para calon mama stres karena merasa gerak-geriknya menjadi terbatas. Atasi ketidaknyamanan selama bedrest dengan melakukan beberapa hal berikut:

• Pastikan semua kebutuhan Anda berada dalam jangkauan
Letakkan ponsel, remote control, majalah, buku, hingga air minum pada meja di sisi tempat tidur. Jangan lupa siapkan makanan ringan, seperti kue dan buah-buahan. Dengan begitu, Anda tidak perlu berulang kali bangun untuk mengambil barang tersebut, atau meminta orang lain mengambilkannya.

• Lakukan kegiatan menyenangkan
Bila Anda termasuk orang yang terbiasa aktif, bedrest memang sangat membosankan. Siasati dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, membaca buku favorit, nonton DVD, atau chatting dengan teman-teman lama. Hindari tidur sepanjang hari, sebab bisa membuat Anda malah semakin stres.

• Lakukan peregangan ringan
Tidur sepanjang hari akan membuat tubuh Anda lelah. Lakukan peregangan ringan, misal mengangkat kedua tangan atau memutar pergelangan kaki secara perlahan.

• Terima bantuan orang lain
Tak perlu merasa risih menerima bantuan atau perhatian dari keluarga, atau bahkan teman-teman Anda. Akui saja, saat ini Anda memang membutuhkan bantuan mereka demi kesehatan Anda dan janin.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia