Agar Anak Kebal Penyakit

Menjadi sehat atau menjaga agar tetap sehat adalah kunci untuk mengurangi hari-hari sakit anak. Menurut Mr. Thio Chong, psikolog konsultan Brand Optimax, Kelapa Gading Square, inilah tip agar anak selalu sehat: 

- Diet seimbang

Caranya? Rencanakan menu makanan anakdengan konsumsi sayuran yang cukup, lalu tambahkan biji-bijian yang mengandung karbohidrat (beras, gandum), buah-buahan, susu, dan protein. Apa lagi? Ia harus makan lebih sering dalam poranaksecara teratur, mengurangi asupan jus buah kemasan (berikan buah-buahan segar saja!), serta banyak makan buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni (semakin berwarna semakin banyak antioksidannya). 


- Pilih-pilih buah dan sayuran

Buah atau sayuran berwarna merah mengandung  pigmen alami yang disebut likopen (membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker) dan anthocyanin (sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan). Nah, buah/sayuran berwarna hijau mengandung lutein yang membantu menjaga penglihatan agar tetap tajam dan jelas. Sedangkan sayur berwarna putih (kembang kol) bisa melawan kanker.


- Olahraga secara teratur

Paparan televisi, komputer dan video game membuat anak memilih bermain di dalam ruangan. Jadi, olahraga fisik dan bermain secara teratur – terutama di luar ruangan - akan meningkatkan energi, fleksibilitas dan kontrol motorik, tulang yang kuat dll. Secara neurologis, latihan fisik membantu meningkatkan jumlah produksi saraf baru di otak anak.


- Istirahat yang cukup dan manajemen stres 

Penemuan di Amerika menyatakan, sebagian besar anak di sana bernapas hingga lebih dari 20 kali napas per menit. Padahal, idealnya kurang dari 10 kali. Ini menandakan adanya ketegangan di tubuh dan pikirannya selalu cemas. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai penyakit! Ternyata, fenomena serupa terjadi di Indonesia. Jadi? Latihlah pernapasan yang dalam selama 5 - 10 menit untuk mengisi energi.

Baca juga: Penyakit Khas Musim Hujan


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia