Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Balita
Pilih Vitamin Anak
Akhir-akhir ini, media massa gencar mena...
Bayi
Kok, Berkeringat Terus?
Bayi saya (4 bulan) sering sekali berker...

Cara Menyenangkan Belajar Matematika

Matematika tak akan menjadi mata ajaran yang menakutkan, jika anak bisa menemukan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Sejak anak belajar berhitung, misalnya, ia bisa menemukan korelasi antara angka 1, 2, 3, dst, dengan jumlah mainan yang dimilikinya. 


Hal ini tentu jauh lebih menyenangkan dibanding jika anak hanya membayangkan deretan angka-angka saja. Hal inilah yang diterapkan Angie Siti Anggari, SPd., MSc., Direktur Pendidikan di Sekolah Tara Salvia, Bintaro. Pelajaran matematika sederhana sekali pun harus selalu diikuti dengan praktek langsung.


“Ketika memperkenalkan aneka bentuk, seperti segi empat, segi tiga, atau lingkaran, guru akan menyajikan alat peraga. Untuk menghitung luas atau keliling bidang datar tersebut, misalnya, anak akan dibawa ke lapangan untuk menghitung langsung luas lapangan tersebut. Jadi, rumus tak hanya ditulis di atas kertas, tapi anak mengetahui bagaimana rumus tersebut didapat dan kemudian digunakan,” jelas Angie. 


Matematika juga bisa menyenangkan, lho. Jika kreatif, soal-soal di dalam matematika bisa dimodifikasi menjadi aneka bentuk permainan seru. Misalnya, gunakan daun-daun kering untuk menghitung luas suatu bidang tertentu. Dengan daun sebesar ini, berapa daun dibutuhkan untuk menutupi bidang tertentu? Tidak perlu alat peraga yang istimewa dan mahal, kan?


Dengan menjembatani matematika dengan kehidupan sehari-hari, mata pelajaran ini tidak akan menjadi sesuatu yang menakutkan. Dan bukan tidak mungkin, akan memupuk rasa cinta anak pada matematika.

.



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+