Di Mana Saja Nyamuk Penyebab DBD Bisa Bersarang & Bersembunyi di Rumah Anda?

Genangan air dan perabotan bertumpuk biasanya jadi tempat bersarang nyamuk Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit DBD.

Tapi tahukah Ma, di musim pancaroba ini, nyamuk bisa bersembunyi dan bersarang di mana saja, di luar atau di dalam ruangan.

Data dari World Health Organization 2016 menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia, penyakit yang ditularkan melalui nyamuk mencakup lebih dari 17% dari semua penyakit menular dan menyebabkan sekitar 725.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya.

Baca juga: Mengapa Nyamuk Paling Suka Mengincar Anak?

Hal ini menunjukkan nyamuk masih terus menjadi masalah kesehatan besar di tengah masyarakat. Bahkan berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sebagai salah satu penyakit disebabkan nyamuk hingga saat ini terus berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus di Indonesia.

Pada 2016, tercatat sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit yang dibawa nyamuk tersebut.

Yuk, cari tahu di infografik di bawah ini, di mana saja nyamuk penyebab DBD bisa ditemukan agar dapat segera ditumpas?



Sumber infografik: HIT Expert