Rahasia Sukses Menjadi Wanita Karier ala Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbagi pengalamannya sebagai wanita yang sukses dalam karier dan keluarga, di acara GE Woman’s Network di Fairtmont Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sri Mulyani mengatakan, terkadang wanita kerap dihadapkan pada pilihan sulit, lebih memprioritaskan karier atau keluarga. Situasi ini tentu tak mudah. Tetapi bukan berarti wanita tak bisa menjalankan keduanya sekaligus. Apa yang telah ia capai dalam kariernya saat ini, diakui Sri Mulyani, membutuhkan banyak pengorbanan. Terlebih lagi, ia merupakan seorang wanita, dan harus menjadi ibu rumah tangga bagi keluarganya.

“Sebagai wanita di era modern seperti sekarang ini, tentu ada keinginan untuk bisa sukses dalam pendidikan dan juga karir. Namun, keluarga juga harus bisa menjadi prioritas utama yang sangat penting. Hal ini cukup sulit, ketika harus memilih karier dan keluarga, tentu akan ada keadaan naik turunnya, dan itu tidak pernah mudah,” kata Sri Mulyani.

Ia juga menjelaskan, untuk memilih antara karier dan keluarga tak hanya dibutuhkan karakter wanita yang tangguh saja, tetapi juga pendamping yang bisa mengerti apa yang tengah dijalankan. Berbincang dengan pasangan dan membicarakan risiko juga tanggung jawab jika memilih menjalani dua kehidupan, karier dan keluarga. Oleh karena itu, wanita membutuhkan pria yang bisa mengerti dan memahami.

“Sebenarnya situasi yang dihadapi oleh wanita karier pada saat ini jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Sebab, dulu banyak wanita yang terpaksa harus mengundurkan diri setelah melahirkan karena mau tidak mau harus mengurus anak,” jelasnya.

Tanggung jawab terhadap keluarga memang tak bisa dilepaskan begitu saja. Ada yang harus dikorbankan agar pekerjaan dan keluarga terurus semua, misalnya kurangnya jam tidur. Kita mungkin saja bisa mempekerjakan orang lain untuk membantu pekerjaan rumah tangga agar mempermudah semuanya. Tetapi, sebagai seorang ibu, Sri mengatakan kita tidak bisa hanya dengan melakukan hal itu saja. Ia menekankan kalau kualitas dari diri kita sendirilah yang sangat penting untuk bisa mengatur semuanya. (Irma Purnamasari)

Baca juga: Rahasia Karier Terus Meningkat


Foto: pexel