Dongkrak Mood Mama Saat di Kantor dengan 4 Hal Ini

                            
Perasaan moody saat bekerja memang tak jarang menghantui para Mama. Penyebabnya bisa banyak hal. Terlebih, jika ada saja pikiran yang mengganggu di rumah, baik soal anak maupun suami, mood Mama bisa berubah.
 
Sering kali, mood yang turun itu membuat kita sulit berkonsentrasi saat bekerja di kantor. Rasanya berat mau melakukan apa pun, tidak bisa berpikir, atau bahkan berulang-kali melakukan kesalahan-kesalahan yang harusnya sudah bisa diantisipasi.
 
Baca juga: Mood Mama Pengaruhi Anak
 
Coba tip berikut untuk mendongkrak mood Anda, ya, Ma.

1. Selalu mencoba untuk bersemangat
Coba identifikasi penyebab dan kapan biasanya mood Anda paling sering turun? Misalnya hari Senin. Itu mungkin karena berarti Anda akan kembali disibukkan dengan urusan anak dan suami sebelum berangkat bekerja, belum lagi kemacetan jalan di Senin pagi. Rutinitas ini bisa membuat Anda tidak bersemangat ketika sampai di tempat kerja, bahkan cenderung bad mood.
 
Coba bangkitkan semangat dengan memberi label yang baik tentang hari Senin. Alih-alih mengatakan,I hate Monday!” Anda bisa mengatakan, Monday is coming!”  atau, “Monday, I am ready!”
 
Bangkitkan dan jaga semangat tersebut mulai dari saat Anda bangun tidur hingga pulang kantor nanti. Sehingga, hari Anda terasa ringan dijalani, meski pekerjaan menumpuk.

Baca juga: Pembangkit Mood di Pagi Hari

2. Bersyukur
Mungkin Anda akan mengatakan bahwa ini sangat mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Ketika sedang bad mood lalu ada yang mengatakan, “Bersyukur, dong!” bisa dipastikan Anda makin bad mood atau malah bisa meradang.
 
Sesungguhnya, mensyukuri hal-hal yang terjadi pada kita memang sering terlupakan, karena kita lebih fokus pada kesulitan, hambatan, tantangan, dan hal-hal yang sepertinya mengganggu rasa nyaman. Pikiran-pikiran itu menyabotase kita sehingga sulit melihat hal-hal baik.
 
Mulai sekarang, cobalah terus mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup Anda. Misalnya, bersyukur karena Anda masih memiliki pekerjaan dan rutinitas tiap hari sehingga Anda bisa terus aktif dan memiliki kesempatan mengembangkan diri, termasuk bersyukur karena Anda memiliki pendapatan sendiri, tidak bergantung pada uang bulanan dari suami. 
 
Baca juga: 5 Cara Bersyukur untuk Membangun Kebahagiaan

3. Optimistis
Orang yang optimistis akan selalu fokus mencari solusi dari tiap masalah. Ia tidak mau menghabiskan energi mencari-cari penyebab masalah atau orang untuk dijadikan kambing hitam. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap mood Anda di kantor nanti.
 
Sulit dilakukan, Ma? Cari waktu untuk jeda sejenak, menyingkir dari kebisingan pikiran Anda. Tarik dan embuskan napas pelan-pelan, katakan bahwa tidak apa-apa Anda sekarang sedang bad mood tapi Anda akan baik-baik saja, dan semua akan berlalu. Ketika sudah tenang, Anda bisa berpikir lebih baik, menyortir mana yang perlu dipikirkan, mana yang sebaiknya diabaikan dulu. Dengan begitu, Anda pelan-pelan berpikir tentang solusi.
 
Baca juga: Luangkan Waktu untuk Menuliskan Emosi Positif

4. Selalu menjaga hubungan baik antara atasan dan teman kantor
Sebuah survei yang dilakukan Institute of Leadership & Management, Inggris, mengatakan bahwa 42% karyawan merasa bahwa memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan adalah sumber motivasi terbaik untuk bekerja lebih baik dan menjadi lebih produktif.

Baca juga:
4 Cara Mengendalikan Emosi di Kantor
Olahraga Ini Bisa Perbaiki Mood Anda
6 Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Fisik dan Emosional Anda
Di Balik Kemarahan Mama
Jangan Marah Salah Momen, Ma!

Foto: 
Dok. 123RF
Updated: Maret 2022

 


Topic

#duniamama #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Dongkrak Mood Mama Saat di Kantor dengan 4 Hal Ini