Menu Berbuka Untuk Anak


 

Bakwan Udang Sayur

Bahan
100 g taoge, buang akarnya 
100 g wortel, serut kasar 
2 batang daun bawang, iris tipis 
minyak goreng 
150 g udang, kupas 

Adonan tepung  
125 g tepung terigu 
1½ sdm tepung kanji 
1 butir telur, kocok 
150 ml air 
1 sdt garam 
½ sdt merica bubuk 
1 sdt kaldu ayam bubuk  

Cara Membuat

  • Campur bahan adonan tepung dalam mangkuk, aduk hingga menjadi adonan yang licin. Masukkan taoge, wortel dan daun bawang, aduk hingga tercampur rata. 

  • Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Siapkan sendok sayur stainless sebagai cetakannya. Celupkan sendok ke dalam minyak panas, tunggu hingga sendok jadi panas.

  • Keluarkan sendok dari minyak, masukkan adonan ke dalam sendok, kemudian taruh 2 – 3 ekor udang di atasnya. Tekan sedikit supaya udang melekat.

  • Celupkan kembali sendok berisi adonan ke dalam minyak panas, usahakan sendok terendam dalam minyak goreng, biarkan hingga adonan dapat dilepaskan dari cetakannya. Lepaskan adonan dari cetakan dan teruskan proses menggoreng. Isi lagi sendok sayur dengan adonan dan goreng hingga terlepas dari cetakan. Lakukan hal yang sama hingga penggorengan cukup terisi adonan yang sudah dicetak.

  • Goreng terus hingga bakwan matang, angkat, tiriskan. Taruh bakwan di atas piring saji, hidangkan selagi hangat.

 
Tip
Cetakan (sendok sayur dari stainless) semakin sering digunakan akan semakin mudah untuk melepaskan adonan, alias adonan tidak lengket pada cetakan.

 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia