8 Permainan Seru Melatih Kemampuan Lokomotor Anak

Balita Anda perlu melatih gerak lokomotor dan memiliki keterampilan lokomotor. Apa, sih, yang dimaksud dengan gerak lokomotor? Gerak lokomotor adalah ketika bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Aktivitas yang termasuk lokomotor adalah berlari, melompat, berjalan, memanjat.
 
Sementara, keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengoordinasikan gerak tubuh untuk melakukan perpindahan. Keterampilan lokomotor adalah bagian dari keterampilan motorik kasar yang dikembangkan anak-anak.
 
Baca juga: Motorik Kasar vs Motorik Halus

Balita Anda butuh banyak kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan gerak ini. Permainan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melatihnya. Ide permainan apa saja yang menarik?
 
1. Simon Says
Anda dapat mengembangkan keterampilan fisik dengan permainan ini. Beri beberapa arahan seperti, “Simon berkata jalan 3 langkah!” lalu bantu ia menghitung langkahnya. Variasikan dengan gerakan lain seperti, “Simon berkata jalan jinjit sampai menyentuh meja.” Anda bisa juga mencoba melatih kemampuan lokomotor lain, seperti berlari atau melompat melalui permainan ini. Jika si kecil kesulitan, berikan contoh. Jika ia melihat Anda bergerak, maka ia pun terdorong untuk mencontoh atau melakukannya dengan gembira.
 
Baca juga: 18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak
 
2. Estafet Jarak Pendek
Ajak si kecil pergi ke luar halaman atau ke taman. Lalu ajak ia melakukan lari estafet jarak pendek. Permainan akan menjadi seru bila dimainkan dengan seluruh keluarga. Balita Anda akan lebih semangat melatih lokomotornya.
 
3. Main Engklek
Waktu kecil, ini pasti salah satu permainan favorit Anda bersama teman-teman sekolah atau tetangga. Bermodalkan kapur tulis, kotak-kotak engklek digambar di atas lantai. Bisa juga dimainkan di atas tanah lapan, digambari dengan bantuan batu atau kayu. Bermain engklek sungguh menyennagkan! Iya, permainan tradisional ini memang favorit anak-anak di mana pun di sepanjang masa. Tidak hanya seru, ternyata, permainan engklek sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan lokomotor anak, karena ada gerakan-gerakan melompat, baik dengan satu kaki maupun dua kaki.
 
Baca juga: Beragam Manfaat Permainan Tradisional

4. Races Game
Mari main peran! Minta anak Anda membayangkan bahwa dirinya adalah mobil. Pasang tali atau pita dan minta mereka berjalan di antaranya. Gambar garis yang menantang sebagai track misalnya saja zigzag atau bergelombang. Sebagai tantangan tambahan, letakkan benda kecil seperti bantal atau bonekanya untuk dia loncati. Seru, kan!
 
5. Menyelamatkan Boneka
Konsep permainan ini sama seperti permainan races game. Hanya saja tujuannya adalah menyelamatkan bonekanya. Anda bisa menyiapkan gambar jejak kaki dan menempelkannya di lantai. Minta mereka mengikuti jejak-jejak kaki itu. Anda bisa membuat berbagai macam cerita untuk mengiringi permainan, misalnya saja dengan tiba-tiba memintanya berlari kencang karena ada hewan yang sedang mengejarnya.
 
6. Menjadi Kaki Kuda
Ajak ia menjadi kuda. Pertama, Anda yang memimpin di depan. Anggap kaki Anda adalah dua kaki depan kuda, sementara kaki si kecil adalah dua kaki belakang kuda. Lakukan berbagai gerakan seperti melompat dengan dua kaki, dengan satu kaki, atau meloncat, dan biarkan ia mengikuti gerakan Anda di belakang. Nantinya, bisa juga bergantian, dia memimpin di depan, Anda di belakang.
 
7. Trampolin
Ajak ia bermain trampolin kecil untuk menikmati setiap lompatan yang dibuatnya.
 
8. Sepak Bola
Permainan ini bisa dilakukan di usia 3 tahun. Si kecil bisa melakukan berbagai gerakan mulai dari berjalan, galloping, dan juga melompat. Gunakan bola kecil dan ringan dulu, agar dia tidak kesulitan menendang.
 
Baca juga:
Tahapan Perkembangan Motorik Kasar Anak
Cara Stimulasi Motorik Anak
Alat Musik Latih Motorik Anak
Mengenal Gangguan Motorik Anak
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
Updated: Desember 2021

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

8 Permainan Seru Melatih Kemampuan Lokomotor Anak