Anak Sulit Fokus




Tanya: Anak saya sekarang berusia 2,5 tahun. Dia susah diajak melakukan permainan yang membutuhkan fokus, seperti balok bongkar pasang atau puzzle. Haruskah saya khawatir? – Salma, Bintaro
 
Jawab : Anak-anak usia ini memang sangat aktif bergerak dan sulit tenang mengerjakan aktivitas tertentu. Mobilitas mereka tinggi karena di tahap perkembangan ini mereka sedang mempertajam kemampuan bergerak, seperti berjalan, berlari, melompat, memanjat dan lain
sebagainya. Mereka juga tengah berada di puncak belajar secara eksplorasi sehingga banyak bergerak mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.
 
Namun bukan berarti anak tak bisa diajak melakukan aktivitas yang tenang dan dapat melatih kemampuan atensinya, seperti menyusun puzzle atau balok bongkar pasang. Asal, pilih puzzle dengan jumlah kepingan kurang dari 10, atau satu keping hanya mewakili satu bentuk, berukuran besar, dan memiliki tonjolan yang dapat dipegang anak untuk memasukkan kepingan ke tempatnya. Begitu pula dengan baloknya.
 
Ada bentuk permainan lain yang dapat dilakukan bersama anak yang juga bertujuan melatih kemampuan atensinya, sekaligus memenuhi kebutuhan geraknya. Yaitu, lempar tangkap bola, berjalan mengikuti garis lurus di lantai, melompat ke spot tertentu, main tendang bola masukkan ke gawang, memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain. Anda juga dapat melibatkan anak dalam aktivitas sehari-hari, misalnya membantu memilihkan barang yang ada di daftar belanja ketika berada di supermarket. Tentu tidak meminta anak membaca label barangnya, Ma, tapi Anda bisa minta anak mengambilkan benda tertentu, dilihat dari warna atau gambarnya.
 
Narasumber : Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi (Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia)
Foto : Fotosearch

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Sulit Fokus