Kapan Anak PAUD Kembali Masuk Sekolah?



Senin kemarin (15/06), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri secara resmi mengumumkan mekanisme pembukaan kembali sekolah selama masa pandemi COVID-19. Tahun Ajaran Baru 2020/2021 sendiri akan dimulai pada Juli 2020. Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebut bahwa syarat utama sekolah yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka hanyalah sekolah yang berada di zona hijau.
 
Akan tetapi, tidak semua jenjang pendidikan akan langsung dimulai pada bulan itu juga. Pembelajaran tatap muka bagi sekolah zona hijau di masa transisi dibagi ke dalam 3 tahap berdasarkan usia peserta didik. Sekolah yang boleh memulai pembelajaran tatap muka lebih dulu adalah SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat. Sementara siswa SD baru sekolah tatap muka pada bulan ke-3. Untuk siswa Pendidikan usia dini seperti TK sendiri baru bisa menerapkan pembelajaran tatap muka pada bulan ke-5 atau November 2020.
 
Nadiem menyebut bahwa hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa peserta didik yang usianya lebih muda seperti PAUD masih lebih sulit menerapkan protokol seperti physical distancing dan mencuci tangan. Pada masa transisi ini, dalam satu kelas PAUD hanya dibatasi maksimal 5 orang siswa saja.
 
Aturan di Sekolah
Selama masa transisi dan masa kebiasaan baru atau New Normal, seluruh siswa PAUD harus memakai masker kain non medis tiga atau dua lapis yang di dalamnya diisi lagi dengan tisu dan harus diganti setelah digunakan maksimal 4 jam. Di samping itu, mereka juga harus mencuci tangan sebelum memulai pembelajaran serta menjaga jarak fisik minimal 1,5 meter.
 
Boleh Belajar Di Rumah
Walaupun sekolah sudah dibuka namun bila orang tua tidak mengizinkan anaknya untuk masuk sekolah, maka siswa tersebut diperbolehkan untuk tetap melanjutkan belajar di rumah. Di samping itu, bila siswa dalam kondisi sakit atau ada anggota keluarganya di rumah yang sedang sakit, maka siswa tersebut tidak boleh masuk sekolah.
 
Baca juga:
 
Masa Transisi, Siswa SD Masuk September 2020
Apakah Anak-Anak Kembali Sekolah Saat Tahun Ajaran Baru Dimulai Pertengahan Juli Nanti?
Grafik Belum Landai, Kapan Anak-anak Kembali Sekolah?
7 Tip Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Sekolah Ditutup
6 Cara Membuat Anak Lebih Tertarik untuk Belajar
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY
 

 
 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Kapan Anak PAUD Kembali Masuk Sekolah?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia