Tip Cerdik Hemat Belanja Lebaran


Belanja menjadi salah satu aktivitas yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua anggota keluarga menjelang Lebaran. Baju baru, tas baru, sepatu/sandal baru, kue, dan bahkan furnitur dan pernak-pernik rumah seperti stoples, taplak meja, gorden, maupun vas baru, semuanya diincar.
 
Agar tak menguras kantong, Anda perlu lebih cerdik menerapkan strategi belanja. Apa saja yang bisa dicoba?


1. Tuju Kategori “Sale” di Online Shop

Hampir setiap platform belanja online pasti memberikan sale menjelang Lebaran. Nah, agar lebih menghemat belanja, Anda tak perlu scrolling dan melihat-lihat semua barang yang ada. Langsung saja masuk ke laman sale dan pilih barang yang Anda suka di sana.

2. Beli Set

Umumnya, produk yang dijual dalam satu set, misalnya saja atasan dan bawahan akan lebih rendah harganya dibandingkan dengan bila dibeli satuan.

3. Gunakan Fitur Filter

Pastikan Anda menggunakan fitur filter untuk menentukan rentang harga yang sesuai dengan anggaran Anda. Cara ini akan membantu Anda lebih baik dalam mengontrol agar tidak overbudget.

4. Pakai Saldo Anda

Berbagai platform belanja online biasanya memberikan cashback atau potongan harga yang lebih besar saat Anda membayar menggunakan saldo aplikasi Anda ketimbang pilihan pembayaran menggunakan transfer atau virtual account.

5. Pilih yang Satu Kota

Ongkos kirim barang sesama kota akan lebih murah. Pastikan Anda melakukan ini juga untuk mengirim parsel untuk para keluarga yang tersebar di berbagai kota. Belikan mereka parsel yang ada di kota mereka lewat online saja.

6. Jangan Malas Bergerak

Bila Anda berbelanja offline ke toko atau supermarket langsung, jangan malas bergerak untuk mendapatkan harga terbaik. Barang-barang dengan potongan harga umumnya terletak di bagian rak agak bawah yang menuntut Anda sedikit membungkuk atau berjongkok.
 
 
Baca juga:
Bijak Mengatur THR di Masa Pandemi
Banyak Pengeluaran Bulan Ramadhan, Lakukan Ini Agar THR Tak Cepat Habis
Cara Cerdas Kelola THR
Penyebab Boros Saat Lebaran
6 Trik Lebih Hemat Belanja Baju Lebaran
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Tip Cerdik Hemat Belanja Lebaran

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia