4 Langkah Cerdas Simpan Uang THR di Masa Pandemi


 

Lebaran tahun ini tentu saja berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19. Yang berbeda bukan saja soal Anda tak bisa menjalani tradisi mudik atau kumpul-kumpul bersama keluarga besar lantaran anjuran physical distancing. Kondisi pandemi ini tentu saja sedikit banyak juga membawa perubahan pada kondisi finansial keluarga Anda.
 
Nah, bila di tahun-tahun sebelumnya keluarga Anda dapat dengan enteng membelanjakan uang THR untuk berbagai kebutuhan Lebaran seperti membeli baju atau sepatu baru, ongkos perjalanan mudik yang disertai rute berlibur, dan berbagai macam oleh-oleh untuk keluarga, maka tahun ini Anda patut mengelola uang THR Anda dengan lebih bijak. Sebab, kita semua tak ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir dan sampai kepan ketahahan finansial keluarga Anda. Oleh karenanya, alih-alih langsung menghabiskan, menyimpan uang THR akan jadi jalan yang lebih baik.
 
Akan tetapi, disimpan untuk apa saja?


1. Gandakan Uang Pensiun

Dave Ramsey, pakar finansial dan penulis The Total Money Makeover, menyarakan agar Anda dapat menggunakan uang bonus tahunan seperti THR untuk menggandakan tabungan pensiun Anda. Anda bisa menentukan jangka waktu tabungan lalu dikalikan dengan jumlah uang THR Anda. Bila Anda melakukan rutin setiap tahun, dana pensiun Anda di luar pemberian perusahaan akan terjamin.

2. Meningkatkan Dana Darurat

Rasanya, di masa yang serba tak pasti seperti ini, dana darurat menjadi penting. Idealnya Anda harus memiliki dana darurat yang besarnya adalah 6 kali gaji bulanan. Untuk menabung hingga jumlah tersebut tentu tidak mudah.
 
Oleh karenanya, bila Anda mendapatkan uang THR, tak ada salahnya untuk segera memasukkannya ke dalam pos dana darurat. Sehingga, bila suatu hari terjadi hal yang tidak diharapkan, Anda tentu sudah siap.


3. Tabungan Pendidikan

Biaya pendidikan tidak lah murah. Ditambah lagi dengan inflasi, harga yang harus dibayar untuk sekolah anak tentu jadi lebih tinggi. Nah, Anda bisa mengalokasikan uang THR Anda untuk tabungan pendidikan. Tentukan jangka waktu tabungannya.

4. Modal Usaha

Bisa kita lihat bahwa di masa pandemi ini, lebih banyak kenalan di sekitar kita yang berdagang, baik itu makanan, masker, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya. Status WhatsApp, Instagram story, maupun grup aplikasi perpesanan singkat banyak dipenuhi dengan unggahan produk dagangan teman.  
 
Ya, berdagang menjadi salah satu strategi bertahan bagi sebagian orang di masa pandemi saat ada banyak pegawai yang gajinya dipotong, dirumahkan, atau bahkan diputus kontrak kerjanya. Nah, bila Anda sudah kepikiran untuk memulai usaha, maka Anda bisa memasukkan dana THR Anda sebagai modal awal untuk meraih lebih banyak uang.
 
 
Baca juga:
Bijak Mengatur THR di Masa Pandemi
3 Cara Menguntungkan Mengeluarkan Uang THR
Cara Cerdas Kelola THR
7 Tip Keuangan Bebas Utang
6 Cara Mengelola Keuangan Saat Pasangan Berhenti Bekerja
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

4 Langkah Cerdas Simpan Uang THR di Masa Pandemi

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia