5 Cara Bersyukur untuk Membangun Kebahagiaan



Pernahkah Anda mendengar gratitude list? Beberapa orang mungkin sudah pernah mempraktikkannya. Gratitude list memang sebaiknya jangan disepelekan. Ini bukan hanya sekadar daftar basa-basi di selembar kertas kosong. Membuat gratitude list ini sudah banyak dipraktikkan di dunia wellbeing.
 
Tchiki Davis, Ph.D., pakar wellbeing serta penulis buku Click Here for Happiness: Building Happiness in The Age of Technology, mengatakan bahwa salah satu hal yang bisa menghambat kebahagiaan seseorang adalah perasaan tidak bersyukur. Menurutnya, berlatih bersyukur atau mengucapkan terima kasih dapat membantu kita memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan dan memungkinkan hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita.
 
Akan tetapi, Davis berkata, “Terkadang, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.” Menurut Davis, sama dengan praktik wellbeing lainnya, Anda juga perlu berlatih untuk dapat mewujudkan kebiasaan bersyukur. Ia memberikan 5 cara berikut ini untuk mempraktikkan bersyukur:


1. Buat Gratitude List

Cara paling mudah untuk mempraktikkan rasa terima kasih adalah dengan menulis daftar semua hal yang bisa Anda syukuri. Cobalah untuk mengambil waktu untuk duduk sebentar, berdiam diri dan memikirkan sebanyak mungkin hal, kejadian, sosok, tempat, atau lainnya yang membuat Anda berada dalam kondisi baik, misalnya saja keluarga, anak-anak yang mencintai Anda, promosi pekerjaan, desain kamar yang sesuai dengan kepribadian Anda, sepiring makanan sehat yang membantu diet Anda, dan lain sebagainya.

2. Tulis Catatan Terima Kasih

Buat catatan tempel atau post it yang Anda tujukan kepada orang-orang yang Anda syukuri kehadirannya di dalam hidup Anda. Tuliskan satu atau dua hal yang Anda hargai dari mereka dan tempelkan catatan tersebut di dasbor mobil, di meja kerja, di dalam kotak bekal makan siang, atau di tas mereka dan lihat apa respons mereka.

3. Tulis Surat Terima Kasih pada Seseorang

Bila tadi hanya sekadar catatan yang ditempel, kali ini buatlah surat yang cukup panjang. Ingat-ingatlah seseorang yang melakukan sesuatu yang sangat indah untuk Anda. Tulis sepucuk surat kepadanya yang menjelaskan betapa bersyukurnya Anda. Sertakan detail tentang bagaimana perasaan Anda dan bagaimana perasaan Anda tentang mereka.

4. Lacak 3 Hal Baik

Setiap hari dalam seminggu, coba tuliskan 3 hal baik tentang hari Anda. Pada akhir minggu, tinjau daftar yang telah Anda buat untuk mengingatkan diri sendiri bahwa Anda harus banyak bersyukur.

5. Buat Gambar Terima Kasih

Selain melalui kata-kata, Anda bisa mempraktikkan bersyukur melalui gambar. Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan beberapa orang atau hal yang paling Anda syukuri dan wujudkan dalam gambar. Letakkan gambar Anda di tempat yang mudah dilihat seperti di kamar, meja kerja, kulkas, atau mana pun untuk mengingatkan Anda tentang apa yang Anda syukuri.
 
Baca juga:
Pasangan Bahagia = Orang Tua Bahagia
8 Kebiasaan Baik yang Dilakukan oleh Ibu yang Bahagia
10 Trik Lebih Bahagia
Ciptakan Kebahagiaan Anda Sendiri
Orang Tua Bahagia = Anak Bahagia
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

5 Cara Bersyukur untuk Membangun Kebahagiaan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia