Mengenal Breathwalk, Teknik Meditasi Sambil Berjalan


Di tengah merebaknya virus Covid-19, Anda dan suami pasti bekerja ekstra dari rumah. Terutama Anda, melakukan work from home sambil tetap mengawasi si kecil yang juga belajar dari rumah, belum lagi lanjut mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan tak ketinggalan, mengurus suami. Semua kegiatan ini membuat Anda rentan stres. Bermeditasi dapat membantu membuat Anda rileks. Meditasi memang sudah lama dikenal keampuhannya dalam menenangkan pikiran dan jiwa. Namun, meditasi sebetulnya tak semudah memejamkan mata dan bernapas. 
 
Dr. Andrew Weil, M.D., profesor pengobatan klinis serta kesehatan publik dari University of Arizona Health Science Center, AS, mengatakan bahwa tak mudah bagi orang awam yang belum pernah berlatih secara serius untuk dapat melakukan meditasi dengan benar. Menurutnya, tak semua orang bisa duduk diam dan mengosongkan pikiran. Ia merekomendasikan breathwalk, sebuah teknik meditatif yang fokus pada pernapasan serta langkah yang selaras dan lebih ramah untuk pemula. 
 
Apa Itu Breathwalking?
Breathwalk adalah sebuah ilmu yang menggabungkan pola pernapasan tertentu serta disinkronkan dengan langkah-langkah berjalan dan dikolaborasikan dengan seni meditatif yang terarah. Latihan ini sangat mudah diakses oleh siapa pun karena caranya yang sederhana dan alami.
 
Breathwalk mengacu pada teknik pernapasan dari yoga yang memperhatikan aliran napas sambil menghilangkan pikiran-pikiran lain sebagai bentuk meditasi dan disertai dengan irama berjalan. Wendy Bumgardner, walking expert dari American Volkssport Association, sebuah organisasi kelompok berjalan kaki terbesar di Amerika Serikat mengatakan bahwa breatwalk bila dilakukan dengan benar akan memiliki manfaat yang lebih besar dalam merevitalisasi tubuh, pikiran, dan jiwa ketimbang sekadar olahraga berjalan kaki biasa. 
 
Manfaat dan Kelebihan Breathwalk
Breathwalk memiliki beberapa kombinasi manfaat dari berjalan, bernapas, dan meditasi sekaligus, sebagai berikut:

  • Meredakan stres

Bumgardner mengatakan, breathwalk dapat digunakan untuk meningkatkan mood Anda, menjernihkan pikiran Anda, dan menghilangkan stres.” 

  • Relaksasi seperti meditasi

James Nicolai, M.D., HMDC, dokter kesehatan integratif di Arizona mengatakan, “melalui breathwalk, saya dapat mengakses kondisi ketenangan yang sama seperti yang dihasilkan orang-orang yang melakukan yoga dan meditasi.” Ia menjelaskan bahwa kelebihan breathwalk ini dapat dilakukan dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja.
 

  • Meredakan kecemasan

Nicolai juga mengatakan bahwa meditasi membantu mengatur amygdala sebagai pusat rasa cemas dan takut dalam otak. 

  • Tidur yang lebih baik

Menurut Nicolai, orang-orang yang melakukan breathwalk dapat mencapai kondisi tenang di mana otak yang kacau seperti dimatikan. Ini sangat membantu mereka untuk mendapatkan tidur lebih baik. 

  • Meningkatkan fokus


Charles A. Francis, direktur Mindfulness Meditation Institute, mengatakan bahwa bila dilakukan dengan benar, bernapas dan berjalan dapat meminimalisir pikiran-pikiran yang terlalu kacau di otak sehingga dapat meningkatkan fokus pada hal yang diinginkan saja. 

  • Mempertajam memori

Tak hanya fokus, Francis juga menyebut bahwa bernapas dapat mempertajam memori jangka pendek seseorang.

  • Menjaga berat badan

Francis menjelaskan manfaat meditasi bagi kesehatan adalah dapat membantu Anda mengembangkan kesadaran tubuh dan memperkuat komitmen hidup sehat Anda. Oleh karenanya, orang-orang yang melakukan meditasi lebih sadar untuk menjaga berat badan. 

  • Perasaan terhubung

Bumgardner mengatakan bahwa berjalan dan bernapas sendirian dapat meningkatkan perasaan terhubung Anda dengan diri Anda sendiri sebagai bentuk kontemplasi.
 
 
Baca juga:
Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Batin
Meditasi Untuk Anak
Langsing dengan Meditasi
Yuk, Belajar Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus!
3 Pose Yoga Ini Bikin Anak Lebih Ceria
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Mengenal Breathwalk, Teknik Meditasi Sambil Berjalan