Meditasi untuk Ketenangan Batin, Temukan Guru yang Tepat



Dalam keseharian, ada begitu banyak pikiran yang berkecamuk di pikiran kita, yang membuat kita kehilangan fokus, merasa tidak tenang, hingga stres. Kerap kali, hal itu bahkan membuat kita merasa sampai seperti terlepas dari diri kita sendiri. Salah satu cara untuk ‘kembali’ ke diri kita adalah lewat meditasi.
 
Meditasi mengajarkan kita untuk tenang dalam situasi apa pun, melambatkan pikiran-pikiran rusuh sehingga perlahan menjadi jernih, mengendalikan cara berespons, dan menemukan tempat yang aman, nyaman di dalam diri sendiri.
 
Banyak orang yang sudah merasakan manfaat meditasi. Mulai dari ketenangan batin, pengendalian emosi, bahkan ada juga yang mengatakan bahwa tubuh menjadi lebih sehat, atau jarang muncul keluhan-keluhan fisik yang biasanya rajin mampir, seperti migrain, sakit lambung, dan sebagainya. Pada dasarnya, ada 3 hal yang memang saling berkaitan dalam diri kita: pikiran, tubuh, dan jiwa. Ketiganya perlu untuk selaras, bersama-sama secara harmonis. Ketika pikiran tenang, tubuh juga akan berespons untuk menyembuhkan dirinya. Sebaliknya, tubuh yang sehat dan kuat juga akan menciptakan rasa bahagia.
 
Baca juga: Mengenal Breathwalk, Teknik Meditasi Sambil Berjalan
 
Anda ingin juga mencoba melakukan meditasi, tetapi tidak tahu bagaimana memulainya?

Informasi tentang meditasi dan cara melakukannya sebenarnya bisa dengan mudah Anda temukan di toko buku dan internet. Ada begitu banyak teknik ditawarkan oleh banyak guru meditasi. Tidak perlu khawatir atau merasa bingung mana yang paling tepat atau benar. Tentu saja, Anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya, dan yang terpenting, mempraktikkannya.
 
Tetapi, menurut Nia Tursari Beyerlein, energy healer sekaligus meditation instructor dari The Golden Space Indonesia, jika sama sekali belum pernah mempraktikkan meditasi, sebaiknya Anda mencari guru untuk membimbing Anda. “Masih banyak orang berpikir bahwa meditasi itu mengosongkan pikiran. Padahal, meditasi adalah salah satu cara menghubungkan tubuh, pikiran, dan jiwa atau hati. Kalau tidak tahu caranya, kita tidak bisa membersihkan energi dan emosi kita, karena itu diperlukan guru atau trainer (instructor),” ungkap Nia.

Lalu, bagaimana cara menemukan guru meditasi yang tepat? “Pertama, cari guru yang beresonansi dengan hati Anda. Cara mengetahuinya, waktu Anda ngobrol dengannya, entah kenapa ada rasa sreg di hati. Kedua, yang bisa membantu murid mencari jalan agar bisa mandiri bermeditasi, memberi nasihat kepada murid untuk mencari potensinya sendiri karena setiap orang itu unik, tetapi juga memberikan cara mengatasi masalah sesuai dengan kondisi masing-masing murid. Guru sebaiknya adalah sosok yang jujur dan otentik. Jangan memilih guru yang mengharuskan murid menjadi pengikut (follower) mereka, sebaliknya dia mau muridnya menjadi ‘penguasa’ dirinya sendiri,” saran Nia.


Baca juga:
 
Meditasi untuk Anak
Langsing dengan Meditasi
Tip Jadi Suami-Istri Mindful
8 Alasan Yoga adalah Olahraga Terbaik untuk Mama
Ingat 4 Hal ini Saat Anda Stres Mengasuh Anak
Perasaan Bersalah Ibu Bekerja Pemicu Stres Kronis



Gracia Danarti
Foto: 123rf
Updated: Mei 2022


 


Topic

#duniamama #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Meditasi untuk Ketenangan Batin, Temukan Guru yang Tepat