6 Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Fisik dan Emosional Anda


American Institute of Stress mengatakan bahwa ada beberapa perbedaan dalam merespons stres bagi pria dan wanita. Perbedaan otak dan tubuh dapat membantu wanita lebih sensitif secara fisik dan emosional terhadap stres.
 
Berdasarkan informasi dari National Women’s Health, US Departement of Health & Human Sevices, menyebutkan beberapa dampak stres secara spesifik terhadap kondisi fisik dan emosional wanita:
 
1. Masalah Perut
Masalah perut terkait stres yang umum adalah keram, kembung, nyeri ulu hati, atau bahkan sindrom iritasi usus. Sindrom iritasi usus ini memang lebih banyak dialami wanita ketimbang pria. Saat stres, Anda juga bisa mengalami mual, rasa ingin muntah hingga merasa tidak bisa makan sehingga Anda kehilangan berat badan.
 
Namun sebaliknya, masalah perut akibat stres juga bisa membuat Anda lebih sering makan dan tertarik untuk makan makanan yang manis-manis atau junk food untuk menenangkan diri. Jadi respons ini bisa menyebabkan penambahan berat badan yang cukup signifikan.
 
2. Reaksi Kulit
Stres seringkali memicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, pada beberapa orang bisa juga menyebabkan gatal-gatal.
 
Kondisi Emosional
Saat stres, seseorang dapat merasa sangat sedih atau mudah tersinggung sehingga rentan terhadap masalah mental yang lebih serius seperti depresi.
 
3. Sulit Tidur
Stres berpengaruh juga pada proses tidur. Saat stres, Anda bisa jadi kesulitan tidur lelap. Hal ini sangat kontraproduktif lantaran tidur malam yang nyenyaklah yang dapat membantu mengurangi stres.
 
4. Konsentrasi Menurun
Stres membuat Anda sulit konsentrasi dan fokus. Ini akan menjadi kendala Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab secara efektif dan efisien baik di rumah maupun di tempat kerja. Tentunya hal ini akan memperumit masalah Anda bila stres Anda memang berasal dari beban pekerjaan.
 
5. Menurunkan Sistem Imun
Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit seperti demam, flu, atau penyakit kronis lain.
 
6. Masalah Jantung
Stres juga memiliki pengaruh yang negatif terhadap sistem kardiovaskular sehingga secara tidak langsung dapat memicu potensi tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.
 

Baca juga:
7 Fakta tentang Hubungan Stres dan Pengasuhan
7 Manajemen Stres untuk Mama
7 Tanda Keluarga Anda Stres
Stres? Luangkan Waktu Bersama Sahabat
Hati-hati, Kritik pada Anak Bisa Akibatkan Stres
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #viruscorona

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

6 Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Fisik dan Emosional Anda

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia