Ramadan Tiba, Mama Siapkan Ini, Yuk!



 

Banyak ibu harus siap juggling di bulan Ramadan karena perubahan rutinitas. Kalau Mama, apa, nih, ritual menjelang ramadan yang selalu dilakukan?
 

  • Daftar Belanja Kebutuhan Puasa, Minimalisir Keluar Saat Pandemi

Menu selama Ramadan biasanya sedikit berbeda dengan menu sehari-hari lantaran ada tambahan beberapa menu khas keluarga seperti kurma, kolak, dan lain sebagainya. Nah, selama pandemi ini, agar tidak terlalu sering keluar, sebaiknya minimalisir belanja keluar dengan menyiapkan belanja kebutuhan puasa mingguan atau dwimingguan.
 

  • Buat Stok Bumbu Dasar: Kiat Masak Tanpa Takut Hambar/Keasinan

Dilema Mama banget, nih. Masak buka puasa tapi takut hambar atau keasinan. Nah, sebelum Ramadan tiba, ada baiknya Mama sudah menghaluskan bumbu dasar putih, kuning, dan merah dulu. Jadi, kalau mau masak menu buka puasa, sudah nggak was-was lagi soal rasanya.
 

  • Food Journal biar Menu Buka dan Sahur Lebih Sehat

Saat puasa, tanpa disadari kita justru sering melanggar rekomendasi makan sehat dengan gorengan asin dan minuman-minuman manis. Biar lebih sehat, buatlah food journal dan taati sampai akhir Ramadan.
 

  • Food Preparation, Taktik Masak Sahur Kilat

Mama hanya punya sedikit waktu untuk memasak sahur. Food preparation membantu mempersingkat waktu memasak Anda. Potong-potong bahan masakan sesuai food journal yang sudah Anda buat. Begitu tiba waktunya masak, tinggal cemplung-cemplung, deh.
 

  • Kegiatan selama Ramadan untuk Mengisi Waktu Anak

Anda bisa mengisi waktu anak dengan mengerjakan activity book edisi khusus Ramadan yang umumnya berisi beberapa pengetahuan Islami.
 

  • Kuota/WiFi untuk Pengajian Online

Karena masih pandemi, lebih baik untuk mengikuti seluruh aktivitas keagamaan di rumah saja.
 

  • Referensi Ngabuburit Seru di Rumah

Pandemi ini membuat aktivitas di luar ruangan jadi terbatas. Nah, Mama harus pintar mencari referensi ngabuburit seru di rumah saja.
 

  • Manajemen ASIP untuk Mama yang Menyusui

Bila Anda berpuasa walau masih menyusui, siapkan ASIP untuk stok saat Anda terlalu lemas untuk menyusui si kecil langsung di siang hari.
 

  • Tetap Rencanakan Me Time

Yakin, deh, Ramadan akan super sibuk, mulai dari bangun awal untuk menyiapkan sahur, menyiapkan makan untuk anak yang tidak berpuasa, masak menu berbuka di sore hari, sampai beribadah di malam hari. Jangan lupa me time agar tetap waras.
 

  • Konsumsi Suplemen agar Tetap Strong

Penting sekali bagi Mama untuk tetap sehat saat berpuasa di masa pandemi ini.
 

Baca juga:

Hindari Melakukan Ini saat Puasa

4 Waktu Terbaik Berolahraga saat Puasa

6 Tip Penuhi Nutrisi saat Puasa

6 Hal Positif yang Bisa Dicontohkan Selama Puasa

Resep: Kue Labu untuk Menu Buka Puasa

4 Kegiatan Seru Menunggu Buka Puasa

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 


Topic

#lebaran #puasa #sahur #ramadhan #ramadan #pranaramadan #ramadanparenting #reseplebaran #resepramadan #resepramadhan #menupuasa

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Ramadan Tiba, Mama Siapkan Ini, Yuk!

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia