3 Kriteria Pengasuh Anak yang Baik



Mencari pengasuh anak bukan hal mudah. Anda perlu perkenalan ulang, memberikan pengarahan ulang, dan juga adaptasi ulang bagi anak-anak dan seluruh keluarga di rumah.
 
Untuk memperkerjakan ART atau pengasuh anak, yang terpenting bukan hanya melihat keahlian mereka dalam mengurus anak saja, melainkan melihat kesamaan prinsip dalam hal pengasuhan. Kesamaan itulah yang akan jadi pelekat dalam hubungan mereka dengan anak-anak serta keluarga Anda.
 
Yang Sejalan dengan Anda
Ingrid McKenzie Kellaghan, pendiri Cambridge Nanny Group di Chicago mengatakan bahwa pengasuh anak yang baik adalah yang bisa diajak bekerja sama dalam mengatasi masalah disiplin anak. Prinsip pengasuhan yang tidak sejalan menimbulkan ketidaksepakatan yang berulang kali muncul dan bisa menyebabkan kebingungan pada anak, karena penerapan aturan yang berbeda antara orang tua dan pengasuh.
 
Beberapa hal yang harus disamakan persepsinya dengan pengasuh anak antara lain:

  1. Harapan yang jelas dan masuk akal sesuai usia anak.
  2. Konsekuensi yang jelas terkait dengan mendisiplinkan anak.
  3. Kesepakatan untuk bertindak adil, tegas, dan konsisten. Konsistensi ini penting agar anak-anak memahami bahwa aturan yang berlaku saat ia bersama orang tua dan pengasuhnya adalah sama.
Memiliki Keterbukaan
Selain sejalan dalam hal pengasuhan, diharapkan pengasuh juga memiliki keterbukaan. Hal ini penting bukan hanya untuk mengetahui apakah ia menjaga anak-anak dengan baik, melainkan juga agar Anda dapat mendengarkan cerita dari mereka tentang kondisi anak-anak yang sesungguhnya dan juga tentang kesulitan pengasuh tersebut.
 

Mau Diajak Diskusi
Tidak ada dua orang yang memiliki pemikiran yang benar-benar sama. Perbedaan pendapat mungkin muncul antara Anda dan calon pengasuh. Pengasuh yang baik akan mau diajak diskusi.
 
Anda pun juga harus memberikan mereka ruang bagi mereka untuk memberikan pendapat. Anggap mereka adalah anggota tim pengasuhan.
 
 
Baca juga:
Agar Pengasuh Anak Betah Bekerja
Hati-hati, Pengasuh Upload Foto Anak Anda di Media Sosial
Agar Anak Tak Bergantung pada Pengasuh
Anak Tidak Suka Pada Pengasuh
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

3 Kriteria Pengasuh Anak yang Baik