Cara Ini Bisa Menghilangkan Rasa Bosan Anak Saat Perjalanan Panjang


Bepergian jauh dengan kendaraan pribadi bersama anak-anak bisa jadi hal yang menyenangkan, atau justru sebaliknya.Banyak hal tak terduga yang bisa saja terjadi, misalnya anak-anak rewel karena bosan harus berjam-jam dalam perjalanan.

Nah, untuk menghilangkan rasa bosan dan ketidaknyamanan selama berjam-jam dalam perjalanan, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan permainan sederhana.Meskipun bukan sesuatu yang “canggih”, permainan ini kaya kreativitas, dan sekaligus sarana pengasah otak anak.
 
Tahukah Kamu?
Jika anak Anda suka menghafal dan membaca, permainan ini adalah cara menyenangkan untuk memperluas pengetahuannya.

Anak bisa mempelajari fakta menyenangkan tentang destinasi wisata yang ia tuju, atau titik-titik kunci di sepanjang rute perjalanan. Dengan begitu, anak pun lebih mengenal tujuan perjalanannya.

Misal, saat Anda akan pergi ke Bandung, minta ia menyebutkan legenda atau sejarah yang ada di kota tersebut: Mengapa ada Gunung Tangkuban Perahu? Siapa Sangkuriang, atau Dayang Sumbi?
 
Tandai Peta
Jika Anda melakukan perjalanan darat, bawalah peta, lalu minta anak mencari nama-nama tempat yang akandidatangi di peta itu. Hal ini dapat membantu anak mengingat nama kota dan lokasinya.Anda juga bisa mengajak anak bermain dengan huruf pada plat kendaraan.

Gunakan hururf-huruf di bagian akhir plat kendaraan sebagai inisial nama kota atau negara, dan minta anak menyebutkan kepanjangannya.
 
Berburu Binatang
Permainan ini bisa menyenangkan bagi seluruh keluarga, entah ketika berada di mobil, kereta api, atau pesawat terbang.

Setiap pemain melihat keluar jendela masing-masing, untuk mencari berbagai hewan yang bisa dilihat sepanjang perjalanan. Poin akan ditambahkan setiap kali Anda melihat hewan. Yang berhasil menyebutkan binatang paling banyak menjadi pemenangnya.
 
Beri Hadiah yang Nyata
Cara yang tak kalah seru untuk membuat perjalanan pendidikan bagi anak-anak adalah dengan memberi mereka hadiah yang nyata, misalnya uang untuk anggaran sepanjang perjalanan.

Beri mereka sejumlah uang, dan biarkan mereka membelanjakan sesuai pilihan mereka.Hal ini akan membantu mengajari anak tentang nilai uang, bentuk uang, dan beberapa keterampilan perhitungan yang sangat penting di masa mendatang.

Ini juga akan mendidik mereka berani mengambil pilihan finansial sendiri, dan membantu mengembangkan kemandirian saat kembali ke sekolah.

Baca juga:
Lakukan Ini Agar Anak Sehat dan Senang Selama Perjalanan Mudik
Agar Anak Tetap Nyaman Saat Mudik

Foto: fotosearch

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cara Ini Bisa Menghilangkan Rasa Bosan Anak Saat Perjalanan Panjang