Lakukan 3 Hal Ini Setelah Mengajak Anak Menonton Film




 
Menonton film seharusnya menjadi momen istimewa yang mendekatkan orang tua dan anak. Transfer ilmu baru berjalan lancar bila anak-anak menikmati film yang ditontonnya. Namun, jika ada ternyata film yang ditonton tidak sesuai ekspektasi, orang tua harus peka terhadap perasaan anak. Lakukan 3 hal ini setelah mengajak anak-anak menonton film di bioskop:
 
1. Hindari meremehkan perasaan anak-anak setelah menonton film atau malah menyebut mereka sebagai “penakut” ketika mereka menyebutkan ketakutannya. Hal ini akan membuat anak-anak kebingungan dan tidak bisa mengenali emosinya sendiri.
 
2. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda-beda walaupun usianya sama. Pastikan anak memiliki pemahaman yang tepat dan sesuai dengan nilai-nilai yang diyakini keluarga mengenai film tersebut. Oleh karena itu, orang tua harus siap menjawab pertanyaan apa pun yang muncul dari anak dan terbuka untuk berdiskusi.
 
3. Berikan penjelasan sederhana mengenai film yang baru saja disaksikan. Bila anak menunjukkan ketakutan setelah menonton film, Anda harus menjelaskan dengan sabar bahwa yang ia tonton bukanlah realita. Kalau perlu cari proses pembuatan film tersebut di kanal YouTube dan tonton bersama-sama. Kemudian ajak mereka berdiskusi tentang perasaan dan apa yang seharusnya terjadi menurut mereka.
 

LELA LATIFA
FOTO:PIXABAY




Baca juga:
5 Panduan Sebelum Ajak Anak Nonton Film di Bioskop
4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengajak Anak Nonton Film

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Lakukan 3 Hal Ini Setelah Mengajak Anak Menonton Film

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia