Papa Juga Butuh Self Care


 

Belakangan Mama mungkin sudah semakin familiar dengan istilah self care, misalnya saja dengan mengambil waktu untuk me time dengan pergi ke salon, relaksasi, atau melakukan aktivitas seperti journaling, atau menulis gratitude list. Anda sendiri bisa melihat semakin banyak selebriti perempuan yang menerapkannya dalam keseharian mereka.
 
Akan tetapi, bagaimana dengan self care bagi para laki-laki? Konstantin Lukin, Ph.D., psikolog klinis di New Jersey, AS, penulis buku The Man Cave, mengatakan bahwa istilah self care atau perawatan diri memang identik dengan lilin aromaterapi, perawatan kuku, berendam di air hangat, atau hal lainnya yang menurutnya “sangat perempuan.” "Sementara hal-hal tersebut tampak luar biasa bagi sebagian perempuan, kebanyakan laki-laki memiliki keinginan yang berbeda,” ujarnya.
 
Lukin mengatakan bahwa tak hanya penting bagi perempuan, self care juga sangat penting bagi laki-laki. Menurutnya, penting bagi laki-laki untuk merawat diri sendiri bukan hanya secara fisik, tapi juga secara emosional. Lukin menuturkan bahwa hidup di dunia modern yang penuh dengan kompleksitas seperti beban kerja, tuntutan gaya hidup, kemacetan, atau interaksi yang semakin individualis ini membuat laki-laki juga rentan mengalami stres.
 
“Kita harus merangkul bagian lain dari diri kita yang membuat kita menjadi diri kita dan yang paling penting serta membuat kita bahagia,” ujar Lukin. Ia memberikan 3 cara yang dapat dijalani para laki-laki untuk mempraktikkan self care:


1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Langkah pertama untuk perawatan diri yang tepat adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri,” ujar Lukin. Sangat mudah untuk terjebak dalam rutinitas harian di mana Anda akhirnya menjadi korban dari gagasan bahwa Anda hanya perlu memiliki waktu khusus untuk diri sendiri ketika ada hal lain yang lebih penting untuk dilakukan di luar pekerjaan, seperti menyediakan waktu untuk keluarga Anda.
 
Akan tetapi Anda tetap perlu mencurahkan setengah hari atau sekian menit dalam sehari untuk perawatan diri. “Meluangkan waktu untuk diri sendiri bukanlah mementingkan diri sendiri. Anda perlu sesuatu yang secara inheren merembes ke dalam setiap aspek kehidupan Anda.” ujar Lukin. Anda dapat mengisi waktu ini dengan olahraga dan minum teh, bermain game, menulis, menggambar, mendengarkan lagu, atau merakit robot-robotan dan mobil-mobilan.


2. Terhubung dengan Orang Lain

Tak hanya Mama yang mudah merasa terisolasi ketika menjadi seorang ibu. Papa pun demikian. Seorang laki-laki juga sangat mudah merasa kesepian dan terlepas dari kehidupan sebelumnya saat harus bekerja dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, dan harus segera pulang ke rumah untuk menemui keluarga.
 
Oleh karenanya, luangkan waktu untuk terhubung dengan orang lain. Koneksi telah terbukti secara positif memengaruhi kesehatan mental. Koneksi dengan teman menawarkan kesempatan untuk berbagi aspek kehidupan Anda sendiri, serta melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan melakukan sesuatu yang tidak biasa.


3. Melakukan Hobi

Terlibat pada hal-hal yang disukai dan yang menarik, dapat memicu gairah dalam hidup Anda. Ini adalah aspek penting lainnya dari self care. Lakukan hobi Anda, entah berlari di pagi hari, bersepeda saat pulang kerja, atau pergi naik gunung di akhir pekan. “Mengetahui apa yang membuat Anda bahagia dan bersikap proaktif untuk terlibat di dalamnya telah terbukti meningkatkan kesejahteraan,” ujar Lukin.
 
Papa perlu memperhatikan tanda-tanda kelelahan, seperti marah pada seseorang di transportasi umum yang tidak sengaja menyenggol lengan Anda, tidak bisa bicara dengan istri dan anak-anak, atau makan berlebih. Tanda-tanda kecil seperti temperamen pendek ini membantu mengidentifikasi kapan saatnya untuk menjalani ‘hari kesehatan mental’ dengan melakukan self care.
 
Lukin berpesan, perawatan diri bukan hanya kegiatan yang dapat Anda bangun dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ini adalah pola pikir yang harus kita wujudkan, melibatkan dan mengutamakan diri kita sendiri, dan memeriksa diri kita secara teratur untuk membantu mengedepankan upaya terbaik kita dalam segala hal yang kita lakukan.”
 
 
Baca juga:
Menikmati Me Time Tanpa Rasa Bersalah
Luangkan Waktu untuk Menuliskan Emosi Positif
Stres? Luangkan Waktu Bersama Sahabat
Menikmati Waktu Sendiri, Ini 7 Manfaatnya!
Untuk Papa: Luangkan 5 Menit Setiap Hari Untuk Membuat Istri Anda Bahagia
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Papa Juga Butuh Self Care

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia