Luangkan Waktu untuk Menuliskan Emosi Positif


Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa menulis tentang emosi negatif dapat membantu seseorang mengatasi pikiran dan perasaan negatifnya. Ya, menuliskan emosi negatif dapat diibaratkan seperti mengeluarkan lava panas di dalam dada Anda. Setelahnya Anda akan merasa lega.
 
Namun, bagaimana dengan menuliskan emosi positif? Menuliskan emosi positif juga tak kalah bermanfaat untuk dilakukan sebagai penutup hari Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Health Psychology menunjukkannya.
 
Mengurangi Stres dan Kecemasan
Penelitian ini menunjukkan bahwa menulis tentang emosi positif dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. 71 peserta dewasa yang terlibat dalam penelitian ini secara acak dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama yang berjumlah 37 orang diminta untuk menulis tentang pengalaman paling indah dalam hidup mereka selama 20 menit sehari, selama 3 hari berturut-turut.
 
Sementara, kelompok lain yang berisi 34 peserta diminta untuk menulis topik netral seperti rencana mereka untuk sisa hari itu atau apa yang harus mereka lakukan besok. Mereka juga diminta menulis dalam durasi dan jangka waktu yang sama.
 
Para peneliti mengukur tingkat kecemasan para peserta sebelum dan setelah para peserta menyelesaikan menulis. Penurunan kecemasan yang jauh lebih besar ditemukan pada kelompok peserta yang menulis tentang pengalaman positif dibandingkan dengan kelompok yang menulis tentang topik netral.
 
Bermanfaat bagi Kesehatan Fisik
Bagaimana ini bisa terjadi? Kesehatan mental dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda. Ketika Anda stres, kesehatan fisik Anda menurun. Menulis emosi positif dapat menurunkan laporan kesehatan fisik.
 
Terlepas dari Kesedihan
Penelitian ini juga mengemukakan bahwa menulis hal-hal membahagiakan sangat efektif untuk terlepas dari tingkat kesedihan yang dilaporkan oleh para peserta di awal penelitian.
 
Dua Puluh Menit Sehari
Anda bisa mencoba untuk mulai menuliskan emosi positif seperti pengalaman paling menyenangkan selama 20 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Yang paling penting, kegiatan ini dapat menjadi terapi psikologi yang tidak berbayar.
 
 
Baca juga:
Menulis Surat, Yuk!
6 Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Fisik dan Emosional Anda
Stres? Luangkan Waktu Bersama Sahabat
#dirumahsaja, Dorong Anak Menulis Jurnal
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH
 

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Luangkan Waktu untuk Menuliskan Emosi Positif

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia