Ramadan Di Masa Pandemi, Kurangi Belanja di Luar




Ada beberapa kebiasan kita yang harus disesuaikan di bulan Ramadan saat masih pandemi. Bila biasanya kita hampir tiap hari keluar belanja demi mendapatkan bahan makanan yang segar untuk menu berbuka, pandemi ini membuat kita berpikir ulang untuk melakukannya. Sebab, bagaimana pun, cara paling baik untuk melindungi diri di pandemi ini adalah dengan mengurangi intensitas keluar rumah.
 
Belanja Mingguan
Untuk itu, Anda bisa belanja tiap minggu agar tidak terlalu sering ke pasar atau supermarket. Di samping mengurangi intensitas keluar rumah, belanja mingguan sebetulnya membantu menghindari food waste, lho. Sering tidak, sih, Anda kalap saat belanja menjelang buka puasa? Akhirnya, banyak makanan yang terbuang karena lapar mata sesaat. Dengan belanja mingguan, Anda harus menyiapkan daftar makanan dulu, sehingga tidak berlebihan.
 
Buat Meal Plan
Banyak Mama yang mengatakan bahwa tantangan dari belanja mingguan adalah sering kali tidak bisa memikirkan menu selama seminggu ke depan. Ini bisa diatasi dengan membuat meal plan, Ma. Meal plan membantu Anda mengontrol menu harian agar tidak ada yang mubazir. Anda bisa sekaligus mengontrol asupan nutrisi dengan lebih teliti dan tentunya menjaga agar tidak sampai over budget karena kalap membeli ini dan itu.
 
Lakukan Food Preparation
Setelah selesai berbelanja, lakukan food preparation untuk menjaga kesegaran dan memperpanjang daya simpan bahan makanan. Food preparation juga membantu Anda lebih hemat waktu dan tenaga saat memasak. Sehingga, tidak ada alasan untuk sedikit-sedikit delivery makanan karena tidak sempat masak.
 
Lakukan Teknik Blansir
Teknik blansir biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan MPASI bayi. Teknik ini berguna untuk membuat sayuran lebih awet dengan cara menghentikan aktivitas enzim yang menyebabkan permukaan sayuran mengeluarkan pigmen berwarna cokelat. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi mikroba. 

Caranya, cuci bersih sayuran dan potong-potong. Rebus potongan sayuran ke dalam panci berisi air mendidih sebentar. Angkat dan masukkan ke baskom berisi air dingin serta es batu dengan durasi waktu yang sama seperti durasi merebus. Proses ini bertujuan menghentikan proses pemasakan agar sayuran tidak overcooked. Setelah sayuran ditiriskan, masukkan ke dalam kantong-kantong plastik dan simpan di freezer.


Baca juga:
13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 1)
13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 2)
Beragam Opsi Belanja Aman Selama Pandemi
Ini Triknya Anak Betah Diajak Belanja di Supermarket
Belanja Sayur dan Buah Lewat Aplikasi Online
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK
 

 


Topic

#foodpreparation #Ramadhan #ramadhan #smartshopping #pandemi #pandemic

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Ramadan Di Masa Pandemi, Kurangi Belanja di Luar

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia