6 Makanan Bikin Awet Muda


 

Ada banyak produk kosmetik maupun perawatan kulit, mulai dari krim, lotion, serum, masker, maupun scrub yang tersedia di pasaran. Mulai dari harga yang mudah dijangkau hingga yang mahal sekali. Di antara semua itu, banyak yang mencantumkan label anti-aging dan mengklaim bisa menjaga kulit tetap elastis serta cerah bersinar.
 
Akan tetapi, Nathalie Rhone, M.S., R.D.N., C.D.N., registered dietitian dan ahli gizi kedokteran fungsional dari New York University, AS, mengatakan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran adalah cara paling aman dan sehat untuk memerangi masalah garis-garis halus dan penuaan dini. Bila Anda mencari banyak produk dengan khasiat anti-aging, Anda akan menemukannya dalam makanan-makanan tersebut.
 
Ia merekomendasikan buah-buahan dan sayuran berikut ini untuk menjaga kulit tetap awet muda:
 
Pepaya
Ini adalah buah yang hampir selalu ada atau tidak musiman. Buah dengan daging berwarna oranye ini kaya antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Di samping itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang memberikan manfaat antipenuaan dan antiinflamasi dengan cara melepaskan sel-sel kulit mati. Di samping itu, kombinasi berbagai vitamin seperti A, C, E, dan K serta mineral dapat meningkatkan elastisitas kulit.
 
Blueberry
Buah-buahan jenis berry tak pernah ketinggalan dalam daftar komposisi produk kecantikan kulit. Buah jenis berry memang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada blueberry dikenal sebagai salah satu yang paling banyak. Kandungan tersebut akan membantu kulit dari kerusakan sinar matahari, stres, dan polusi dengan memoderasi respons peradangan. Di samping itu, ia juga dapat mencegah kulit kehilangan kolagen.
 
Brokoli
Brokoli kaya vitamin C dan K, dan antioksidan. Brokoli memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit. Di samping itu, vitamin C pada brokoli dapat memproduksi kolagen, protein utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.
 
Bayam
Sama dengan brokoli, sayur hijau ini dapat menghidrasi kulit Anda dan dapat mengoksidasi seluruh tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada bayam dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus. Tak hanya itu, vitamin A di dalamnya juga mampu membuat rambut kuat dan berkilau.
 
Kacang Almon
Kacang almon merupakan sumber vitamin E yang sangat baik dalam memperbaiki jaringan kulit, serta mempertahankan kelembapan kulit. Kacang ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki sifat antiinflamasi untuk perlindungan kulit terhadap kerusakan sinar matahari.
 
Ubi Jalar
Ubi jalar memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi yang membuatnya berwarna oranye. Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A yang membantu mengembalikan elastisitas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan akhirnya membuat kulit lembut dan tampak muda. Makanan dengan rasa dasar manis ini merupakan sumber vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi kulit kita dari radikal bebas berbahaya.
 
 
Baca juga:
5 Makanan Sehat Penambah Daya Tahan Tubuh
Cah Brokoli Jamur Saus Tiram
Sejuta Manfaat Brokoli
Tip Masak Sayur Bayam
Fakta lain dari ubi
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

6 Makanan Bikin Awet Muda

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia