Tip Membersihkan dan Menyimpan Daging Kurban


 

Setelah menerima daging kurban, Mama sering bingung bagaimana caranya agar daging-daging ini bisa segera habis. Akhirnya, hampir setiap hari Mama memasak menu daging sapi atau kambing sampai-sampai keluarga di rumah bosan.
 
Tenang, tak perlu begini, Ma. Daging kurban yang Anda dapat bisa disimpan bahkan hingga berbulan-bulan. Jadi, Anda bisa memasaknya lagi kapan pun Anda inginkan.
 
Bagaimana caranya?


1. Bersihkan Daging

Cuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik dan bilas dengan air mengalir sebelum menangani daging. Untuk membersihkan daging, sebaiknya gunakan permukaan yang terpisah dari semua bahan memasak lainnya. Jauhkan sayuran dan buah-buahan dari daging agar terhindar dari kemungkinan terpapar bakteri. Anda juga lebih baik menggunakan talenan maupun pisau yang terpisah dari yang digunakan untuk memasak bahan makanan lainnya.
 
Cuci bersih peralatan yang Anda pakai dan bersihkan permukaan yang Anda pakai. Cuci tangan Anda lagi setelahnya.


2. Teknik Menyimpan

Bila dibekukan, daging akan tahan lebih lama hingga hitungan bulan. Masukkan daging yang sudah dicuci dalam wadah kedap udara. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam plastik ziplock dalam ukuran satu kali masak sehingga Anda tak perlu membuka-tutup wadah untuk mengeluarkan daging sehingga meminimalisir risiko kontaminasi bakteri.
 
Menurut US Food and Drug Administrationjaga suhu freezer Anda pada suhu -17,7ºC atau di bawahnya. Suhu ini untuk membantu mempertahankan makanan tetap segar, memperpanjang umur simpan, serta menjaga kandungan nutrisinya.


3. Sebelum Memasak

Sebelum memasak daging beku, pindahkan dulu daging ke bagian rak kulkas. Pastikan tidak menetes ke makanan lain. Bila ingin cara yang lebih cepat, Anda bisa memasukkan daging dalam kantong plastik ke wadah dan kucuri dengan air keran yang mengalir. Masak segera setelah daging tidak beku.
 
Daya Simpan

  • Daging mentah bisa disimpan maksimal tiga hari di dalam lemari es. Bila dibekukan, daging bisa disimpan hingga 3 – 4 bulan.

  • Daging yang sudah dimasak akan tahan disimpan selama 3 – 4 hari di lemari es dan bisa awet selama 2 - 6 bulan di freezer.

 
Baca juga:
Resep: Bistik Bola Daging Saus Jamur
Anak Tidak Suka Daging, Perlukah Khawatir?
2 Cara Agar Anak Mau Makan Daging
Mengenal Jenis Daging Ayam
Kreasi Makanan Olahan Daging Sapi
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Tip Membersihkan dan Menyimpan Daging Kurban

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia