Ajak Anak Olahraga saat Ngabuburit atau Setelah Buka Puasa



Siapa bilang kalau anak sedang puasa sebaiknya tidak berolahraga karena dikhawatirkan badannya lemas dan tidak kuat? Justru, sebaliknya, Ma. Praktisi kebugaran anak, Ivander Elvindy yang juga merupakan Advance General Manager Rockstar Gym Kota Kasablanka, Jakarta, mengatakan bahwa saat berpuasa, si kecil tetap dianjurkan untuk berolahraga.
 
Olahraga saat berpuasa dapat meningkatkan stamina dan kebugaran si kecil. Di samping itu, olahraga saat berpuasa bila diiringi dengan asupan yang bernutrisi seimbang mampu menjaga kesehatan tubuh. Si kecil juga akan terhindar dari stres akibat bosan menunggu waktu berbuka tanpa melakukan aktivitas apa pun.
 
Nah, Anda tentu ingin mengetahui, kapan, sih, waktu terbaik membiarkan anak berolahraga saat berpuasa. “Nanti kalau siang panas, dia jadi haus,” atau “Kalau sore biasanya sudah semakin lapar,” adalah salah satu hal yang biasa menjadi pertimbangan Anda. Jadi sebaiknya olahraga saat berpuasa dilakukan kapan, ya?
 
Ivan menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa bagi anak-anak adalah 30-60 menit sebelum berbuka atau 60 menit setelah berbuka.
 
Menurut John Rowley, direktur kebugaran International Sports Science Association, AS, keuntungan melakukan olahraga di saat berpuasa adalah perut dalam keadaan kosong, artinya glukosa di dalam tubuh sedang tidak banyak sehingga aktivitas fisik akan lebih efektif untuk memecah lemak yang tidak diperlukan di dalam tubuh anak-anak.
 
Nah, setelah berolahraga, tubuh mengalami peningkatan hormon yang membuatnya secara alamiah ingin mengisi kembali dengan makanan sebagai bentuk pemulihan. Untuk itu, ia merekomendasikan untuk makan setidaknya 45 menit setelah berolahraga. Ia mengatakan bahwa hal tersebut ditujukan untuk mengganti dan memulihkan kadar glikogen dalam tubuh.
 
Jika si kecil memerlukan olahraga yang membutuhkan kinerja otot lebih, sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa. Hal ini karena tubuh memerlukan bahan bakar lebih. Kadar gula di dalam tubuh dapat diubah menjadi energi. Sehingga tubuh akan lebih kuat berperforma.
 
Lalu, berapa durasi yang tepat untuk melakukan olahraga? Menurut Ivan, durasi yang direkomendasikan untuk anak-anak yang berpuasa adalah 20-30 menit untuk satu set latihan. “Jangan lupa istirahat dulu 10-15 menit. Kalau masih kuat, bisa dilanjut lagi.”
 
Nah, jadi jangan ragu ajak anak-anak olahraga ringan saat ngabuburit. Anda bisa memilih bersepeda di sekitar perumahan atau main bola di lapangan. Ini juga bisa menjadi pengalih perhatian si kecil yang mungkin sudah mulai merasa lapar dan haus. Begitu bedug dan adzan berbunyi, pasti ia akan senang sekali.
 
Anda juga bisa memanfaatkan waktu setelah berbuka juga, Ma. Ajak ia bermain bulu tangkis di halaman rumah atau jalan singkat keliling komplek. Dengan berolahraga di malam hari, si kecil juga akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.
 
 
Baca juga:
5 Aturan Olahraga untuk Anak saat Puasa
Olahraga Sehat saat Berpuasa
Mendorong Anak Semangat Berpuasa
Ajarkan Anak Berpuasa Lewat 5 Lagu
4 Kegiatan Seru Menunggu Buka Puasa
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Ajak Anak Olahraga saat Ngabuburit atau Setelah Buka Puasa