Cara Menyenangkan Ajak Anak Berkreasi Seni dan Prakarya


Salah satu kegiatan bermain yang menyenangkan untuk anak-anak adalah membuat kreasi atau karya seni dan prakarya. Tentu saja, yang diutamakan dalam aktivitas ini juga bukan semata hasilnya, tetapi proses kreativitas anak.

Tak perlu khawatir jika Anda merasa bukan orang tua kreatif yang bisa mengajari si kecil membuat lukisan atau prakarya. Apa pun bisa menjadi sebuah karya seni.

Bahkan bahan-bahan untuk menciptakan sebuah masterpiece anak pun bisa dari apa pun: benda-benda di sekitar rumah, kardus bekas, botol plastik bekas, kertas majalah, kemasan bekas camilan favorit keluarga, jeriken bekas, hingga pita bekas hiasan pembungkus kado.

Anda juga bisa menggunakan tepung kanji dan pewarna makanan untuk cat, buah buahan atau kentang sebagai alat cetak sablon, kaos bekas untuk media gambar atau materi aplikas, dan masih banyak lagi. Gunakan saja kreativitas Anda dan si kecil dalam mencari materi-materi lainnya.

Baca juga: Kembangkan Kreativitas Anak

Kegiatan membuat karya seni dan prakarya tidak hanya menyenangkan anak-anak dan menjadi hiburan kala tidak bisa bermain di luar rumah, tetapi juga membantu memperluas keterampilan motorik halus mereka, mengembangkan kemampuan memahami konsep-konsep seperti warna atau jumlah, dan mengamati proses-proses bersifat ilmu pengetahuan.

Misalnya, bagaimana cat mengering, penciptaan warna baru dari percampuran dua atau beberapa warna, perubahan tekstur media akibat benda cair, dan sebagainya.

Yang pasti, saat membuat prakarya dan karya seni, anak melakukan penjelajahan beragam ide dan konsep, lalu mengekspresikannya lewat bentuk-bentuk karya yang bisa dinikmati, dipajang, dijadikan koleksi, atau hadiah untuk orang-orang tercintanya.
 
Baca juga: Anak Suka Berimajinasi, Ada Manfaatnya!

Sesuaikan dengan usianya
Untuk anak-anak berusia di bawah 5 tahun, membuat prakarya sepertinya sekadar kegiatan untuk meluangkan waktu saat mereka diam di rumah karena di luar langit mendung atau kondisi tubuhnya sedang tidak nyaman.

Namun, sesungguhnya, ada banyak manfaat jika mereka sering membuat prakarya, antara lain mengembangkan kemampuannya berpikir secara konseptual, bermain imajinasi, mencermati bentuk, hingga membangun rasa percaya diri.

Baca juga: Latih Motorik Halus Anak lewat Melukis dengan Sidik Jari

Untuk anak-anak di atas usia balita, kegiatan seni dan prakarya mendorong mereka menggunakan imajinasi untuk menciptakan sesuatu yang membuat mereka terhibur dan bahagia.

Menghasilkan sendiri sebuah karya meningkatkan rasa percaya diri, bahwa mereka mampu membuat keputusan-keputusan dan pilihan-pilihan sendiri. Tentu, ini penting untuk dikembangkan dan berguna di masa depannya. Seni dan prakarya juga mengasah rasa si kecil sejak dini.
 
Baca juga: Rangsang Kreativitas dan Motorik Kasar Anak
 
Bebaskan Anak Berkarya
Jangan memaksa anak membuat sesuatu yang menurutnya tidak menarik. Kalau dipaksa, anak-anak makin tidak suka. Bahkan, ketika sebuah karyanya baru separuh jalan dan sudah dia tinggalkan, tak perlu dipaksa untuk menyelesaikannya.

Tapi, selalu puji dia tiap kali berhasil menyelesaikan sebuah karya. Agar kegiatan membuat karya seni bisa berjalan ancar dan menyenangkan, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Jangan pilih yang rumit. Walaupun Anda merasa pasti bisa mengerjakan sebuah karya yang Anda lihat dari sebuah buku atau majalah, kenyataannya belum tentu, lho. Bisa jadi, ketika dikerjakan, ternyata tidak semudah yang Anda duga. Pastikan Anda dan anak bisa menyelesaikan sebuah karya dengan baik dan menjalaninya dengan rasa bahagia.

Mulai dari yang sederhana. Jika Anda merasa tidak crafty, mulai saja dengan karya paling sederhana, baik dari segi bahan, peralatan, dan cara membuatnya. Jika berhasil membuatnya, anak pasti akan percaya diri dan ingin membuat sesuatu yang lebih menantang.

- Luangkan waktu Anda untuk menemani anak menciptakan sebuah karya. Waktu yang cukup membuat Anda dan si kecil bisa fokus berpikir, menikmati apa yang dikerjakan, memaksimalkan kreativitas, mencoba beberapa hal baru, dan menikmati kebersamaan.

Baca juga: 
Penghambat Kreativitas Anak di Rumah
4 Aplikasi Anak Kreatif
Mama Kreatif, Anak Juga Kreatif
Permainan Kreatif Untuk Anak
 
Grc
Foto: Pixabay
Updated: Maret 2022

 


Topic

#usiasekolah #parenting #pendidikan #sekolah #belajardarirumah

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cara Menyenangkan Ajak Anak Berkreasi Seni dan Prakarya