Kuis Mengenali Gaya Belajar Anak


Kunci Jawaban: 

Jika sebagian besar jawaban Anda ‘A’:
Anak Anda adalah seorang body-smart learner (fisik/kinestetik). Anak-anak seperti ini punya keseimbangan alami yang bagus dan paling bisa belajar kalau melibatkan tubuh mereka.

Cara membantunya belajar:
Banyak gerak
Berikan exercise ball untuk jadi tempat duduknya ketika mengerjakan PR – bisa bergerak sekadar untuk menyeimbangkan tubuh di atasnya akan membantunya lebih fokus, menurut Bennett. Atau biarkan ia mengerjakan PR sambil berdiri.

Praktek fisik
Ingin meningkatkan memori anak Anda yang body-smart? Suruh ia menggerakkan jarinya di bawah tulisan ketika ia sedang membaca buku, catatan, atau mengeja, saran psikolog pendidikan, Michele Borba, Ed.D.

Lepaskan energi
Biarkan si kecil keluar ke halaman belakang untuk main bola atau lompat tali dan menghabiskan energinya sebelum mulai duduk kembali untuk belajar.


Jika sebagian besar jawaban Anda ‘B’:
Anak Anda adalah seorang word-smart atau verbal learner (linguistik/auditori). Anak-anak tipe ini paling terpacu oleh kata, misalnya permainan kata, dan senang bercerita. Merekajuga tipe anak mudah mengingat. Mereka bisa tahu semua kata dalam lagu favorit mereka.

Cara membantunya belajar:
Lagukan
Jika anak Anda susah belajar tabel perkalian, pacu dia untuk membuat lagu tentang tabel tersebut (atau menyontek nada dari lagu favoritnya) untuk membantunya mengingat, saran Bennett.

Bikin cerita
Kata adalah cara terbaik bagi anak-anak seperti ini untuk menyerap informasi. Minta ia membuat cerita pendek tentang para tokohnya ketika belajar untuk ulangan sejarah, atau mengarang soal cerita untuk memecahkan persamaan matematis.

Baca keras-keras
Mendengar kata dan melihatnya akan membantunya mengingat catatan (dan bimbingan) Anda.


Jika sebagian besar jawaban Anda ‘C’
Anak Anda adalah seorang image-smart learner (visual/spasial) yang berpikir lewat visual dan gambar. Mereka jago membaca peta, tabel dan diagram, dan lebih senang menggambar cerita ketimbang menuliskannya.

CARA MEMBANTUNYA BELAJAR :
Ungkapkan dengan warna
Beli spidol – dalam berbagai warna, kemudian minta si anak visual menuliskan atau mewarnai catatannya dengan warna berlainan.

Gambarkan
Mengubah konsep abstrak menjadi objek visual juga membantu mereka menyerap informasi lebih baik.

Tukang foto
Apakah si kecil mengalami kesulitan dengan geometri? Berikan kamera padanya, dan minta dia memotret semua sudut di rumah.


Jika sebagian besar jawaban Anda ‘D’
Anak Anda seorang numbers/reasoning-smart learner (logis/matematis). Ia cepat mengenali pola, senang mengelompokkan benda dan konsep, dan dapat mengerjakan persamaan matematika dengan mencongak. Ia mungkin juga pintar mencari solusi sendiri, yang menjadikannya jago sains dan bereksperimen.

CARA MEMBANTUNYA BELAJAR
Berikan game
Ketika si kecil susah mengeja, keluarkan puzzle kata. Game komputer juga akan membantunya belajar membaca, mengeja, dan mengingat fakta.

Bantu melihat gambaran umumnya
Detail bukan prioritas pertama untuk anak tipe ini. Jadi, ketika Anda membantunya belajar ujian sains, ajukan pertanyaan sulit dulu (“Apa yang dimaksud dengan tata surya?”), baru kemudian tanyakan detailnya (“Apa nama planet-planet dalam tata surya?”). Anda juga bisa mengajukan kuis padanya dengan cara seperti ini ketika Anda berdua membaca bersama. Tanyakan plot atau latar ceritanya terlebih dulu, lalu tokoh-tokohnya. 

Foto: Dok. Pixabay

Baca juga : Gaya Belajar Anak Sekolah di Luar Negeri 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Kuis Mengenali Gaya Belajar Anak

Follow Us

angket

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia