Manfaat Yoga Bagi Anak Autis

Rachel Greb, pemilik YogaSprouts (yogasprouts.com) di Amerika, mengungkapkan beberapa manfaat yoga untuk anak dengan autisme, diantaranya:

1. Yoga mengembangkan keterampilan motorik.
Anak-anak dengan autisme sering mengalami keterlambatan perkembangan motorik, yang dapat ditingkatkan, karena yoga mengencangkan otot, meningkatkan keseimbangan dan stabilitas, dan mengembangkan kesadaran tubuh dan koordinasi.

2. Yoga meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial.

Koordinasi yang buruk sering membuat rendah diri. Mereka diejek karena tidak bergerak atau berperilaku seperti anak-anak lain, atau tidak unggul dalam olahraga dan kegiatan di luar ruangan.

Dengan belajar teknik mengontrol dan menenangkan diri melalui yoga, kepercayaan diri mereka akan meningkat.

3. Yoga memberikan stimulasi yang aman.

Anak-anak dengan autisme sering menderita sistem saraf yang sangat sensitif dan mudah terangsang oleh cahaya terang, tekstur baru, suara keras, rasa yang kuat dan bau.

Pengaturan lampu redup, musik lembut, tikar halus, dan suara ‘dalam’ saat yoga dapat menciptakan lingkungan menghibur dan mereka merasa dilindungi dari rangsangan yang agresif sehingga merasa tenang.

4. Yoga menyediakan teknik penanganan untuk anak-anak dan orang tua.
Bisa dengan mengajarkan teknik pernapasan agar anak bisa menenangkan diri, berbicara di kelas melalui panduan visualisasi sehingga anak dapat menggunakannya ketika cemas, atau berbagi flashcard pose hari ini dengan orang tua untuk digunakan di rumah. Orang tua dan saudara kandung jadi terbantu.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Manfaat Yoga Bagi Anak Autis