8 Alasan Yoga adalah Olahraga Terbaik untuk Mama

apa manfaat yoga bagi ibu


Kalau punya waktu luang, apa yang biasa dilakukan oleh Mama? Pernah mencoba yoga? Atau justru Mama malah sudah rutin melakukannya?
 
Yoga dikenal sebagai aktivitas yang memiliki manfaat holistik, mulai dari fisik hingga ke psikologis. Erica Rodefer Winters, instruktur prenatal dan postnatal yoga di South California, AS sekaligus pendiri Spoiled Yogi mengatakan bahwa yoga adalah pilihan olahraga terbaik untuk mama. Ia menjabarkan delapan alasannya berikut:
 

1. Karena Anak-anak Bisa Sangat Menjengkelkan
Begitulah anak-anak, mereka bisa sangat rewel, penuh teriakan, mainan yang berantakan, lompat ke sana ke mari, dan hal menjengkelkan lainnya. Itu semua sangat mungkin membuat Anda kesal. Prinsipnya, Anda tidak mungkin bisa membuat mereka tenang bila Anda sendiri tidak bisa menenangkan diri Anda.
 
Baca juga: 6 Penyebab Umum Stres yang Menimpa Mama
 
Yoga memang tidak secara ajaib menjadikan Anda sebagai orang tua yang lebih sabar. Akan tetapi, yoga bisa membantu Anda untuk refleksi dan mengontrol emosi. Jika Anda bisa belajar tenang saat melakukan pose-pose yoga, maka ini akan membantu Anda lebih tenang dalam menghadapi anak-anak.
 

2. Me Time Paling Efisien
Anda mungkin punya banyak alternatif kegiatan untuk mengisi me time, mulai dari jalan-jalan, ke salon, membaca buku, mengunjungi kedai kopi favorit, dan lainnya. Akan tetapi, dengan melakukan yoga, Anda bisa mendapatkan manfaat fisik dari berolahraga sekaligus sebagai stress release.
 
Lakukan yoga dengan musik yang tenang dan aromaterapi di ruangan Anda. Sekira 30 menit mengisi me time dengan yoga akan membawa perubahan besar dalam hari Anda. Yang paling penting adalah Anda bisa melakukannya tanpa perlu meninggalkan rumah maupun mengeluarkan biaya.
 
Baca juga: Memilih Olahraga Tepat Sesuai Siklus Menstruasi
 

3. Belajar Tidak Menjadi Mama KompetitifDi luar sana persaingan antarmama atau sering dikenal dengan mompetition bisa menjadi sangat nyata. Pola pengasuhan, prestasi anak, penampilan, bahkan kemampuan ekonomi bisa menjadi sumber-sumber yang dipertaruhkan.
 
Hal tersebut terasa menggila ketika media sosial semakin membuat perasaan iri Anda terhadap kehidupan orang lain semakin besar. Yoga akan mengajarkan Anda untuk memiliki kesadaran tubuh bahwa Anda memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, sehingga membuat Anda dapat menjadi orang tua yang sehat secara psikologis.
 
Baca juga: Hati-hati, Jangan Posting 12 Foto Anak Ini di Medsos
 

4. Tidur yang Lebih BaikBanyak mama tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Melakukan pose savasana di siang hari dapat memastikan Anda memberikan tubuh waktu untuk beristirahat sehingga tubuh dan pikiran dapat pulih dari kesibukan sehari-hari.
 
Baca juga: 9 Langkah Menyempurnakan Kualitas Tidur Anda
 

5. Boost The Energy
Beberapa orang menggunakan kopi di tengah hari dengan alasan menghindari kantuk. Kandungan kafein dari kopi juga memang menurut penelitian dapat meningkatkan energi. Akan tetapi, kafein juga memiliki efek samping pada kesehatan tubuh. Yoga akan lebih baik untuk meningkatkan energi Anda. Lakukan setiap pagi saat bangun tidur dan rasakan perbedaannya.
 
Baca juga: 5 Bahan untuk Membuat Kopi Anda Lebih Sehat
 

6. Karena Mama Telah Bekerja Keras
Mengasuh anak dan mengurus rumah bisa menyebabkan ketegangan. Beberapa area yang menunjukkan tingkat ketegangan Anda biasanya adalah bahu dan leher. Yoga membantu meredakan ketegangan di satu tempat dan tempat lain sekaligus dapat menghilangkan stres di pikiran Anda yang menjadi sumber ketegangan tersebut.
 

7. Praktik Mencintai Tubuh Sendiri
Salah satu bagian terbaik dari latihan yoga adalah bagaimana hal itu membantu Anda menghargai semua hal menakjubkan di dalam tubuh Anda. Misalnya, mencintai lengan yang ukurannya semakin besar, karena mampu menopang tubuh. Atau menyayangi perut dengan stretchmark yang telah menumbuhkan seorang anak. Ketika Anda mencapai fleksibilitas atau pose baru, hal tersebut seakan menjadi sebuah prestasi yang membuat Anda makin mencintai tubuh Anda sendiri.
 

8. Lebih Fokus
Tiba-tiba lupa apa yang harus Anda kerjakan. Saat harus pergi pun, tak ingat di mana letak kunci mobil Anda. Inilah yang sering dialami mama. Perempuan memang ‘terberkati’ dengan kemampuan untuk menjadi multitasking. Namun, tak jarang juga mama mendadak menjadi pelupa. Strategi pernapasan yang baik dan pose-pose yang menenangkan akan melatih Anda untuk lebih fokus dan konsentrasi sehingga tidak mudah lupa.
 
Nah, jadi bagaimana? Siapkan matras, musik, dan mulailah ambil napas teratur dan bergerak.
 
Baca juga:
8 Langkah Ciptakan Rumah Sehat Secara Emosional
8 Cara Dapatkan Golden Time Tiap Pagi untuk Jalani Hari Lebih Baik
Balada Stay at Home Mom (SAHM)
Perasaan Bersalah Ibu Bekerja Pemicu Stres Kronis
7 Manajemen Stres untuk Mama
5 Cara Bersyukur untuk Membangun Kebahagiaan
Orang Tua Bahagia = Anak Bahagia
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#duniamama #kesehatan #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

8 Alasan Yoga adalah Olahraga Terbaik untuk Mama