Nutrisi untuk Membantu Konsentrasi Belajar Anak




Anak-anak sudah seminggu mulai masuk sekolah lagi, ya, Ma. Walaupun masih belajar dari rumah karena pandemi COVID-19 belum usai dan kasus kejadian masih tinggi, bukan berarti mereka tidak mengeluarkan banyak energi. Anak-anak perlu energi untuk berkonsentrasi penuh, duduk di depan laptop selama beberapa jam, dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Agar mengoptimalkan perkembangan belajar anak, Anda perlu memberikan nutrisi yang tepat untuk mendukung konsentrasi dan daya ingatnya. Selain zat gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak, anak juga memerlukan zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral.

Di bawah ini adalah beberapa zat gizi mikro yang bisa meningkatkan konsentrasi dan memori anak:

1. DHA
DHA (docosahexaenoic acid) adalah salah satu asam lemak omega 3 yang terbukti bisa meningkatkan produksi hormon penting untuk tumbuh kembang otak. Sumber alami DHA bisa di dapat dari minyak ikan, seperti salmon, makarel, dan tuna, serta susu.

2. KOLIN
Kolin adalah zat gizi yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Banyak terkandung di dalam telur, kedelai, gandum, dan hati. Berguna untuk menunjang perkembangan sistem saraf anak.

3. IRON (zat besi)
Membantu pembentukan hemoglobin (zat warna dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh), dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber alami nutrisi ini didapat dari hati, daging sapi, kuning telur, dan buah.

Baca juga: Kurang Zat Besi Sebabkan Anak Malas

4. ZINC (seng)
Membantu proses pembentukan sel, dan membantu otak mengantarkan informasi genetik dalam sel. Zat nutrisi penting ini terkandung dalam bahan makanan tiram, daging sapi, hati, kacang-kacangan.

5. YODIUM (iodine)
Untuk pembentukan hormon tiroksin yang di produksi kelenjar tiroid. Hormon ini dibutuhkan dalam proses pertumbuhan anak, mengatur suhu tubuh, fungsi otot, dan saraf. Sumber: makanan berasal dari laut (udang, ikan, tiram) juga garam beryodium.

6. VITAMIN B6 & B12
Vitamin B6 berperan dalam sintesis hemoglobin dan pembentukan sel darah putih. Sedangkan B12 berfungsi melindungi myelin, yaitu jenis lemak yang menyelubungi saraf dan mengantarkan pesan antar sel saraf. Vitamin ini bisa didapat dari susu.

Jadi, jangan lupa selalu perhatikan nutrisi anak, ya! 

Baca Juga:
2 Masalah Nutrisi Anak di Indonesia

Rahasia Gizi Seimbang Anak Aktif

Foto: Freepik


Topic

#belajardarirumah #schoolfromhome #nutrisi

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Nutrisi untuk Membantu Konsentrasi Belajar Anak