Pertimbangan Saat Pilih Sekolah Anak

Pertimbangan Saat Pilih Sekolah Anak

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan buat Anda dalam memilih prasekolah atau TK untuk anak. Hanya, hal ini bervariasi di antara masing-masing mama.

Ada yang menganggapnya sebagai hal penting, ada juga yang bahkan tidak mempertimbangkannya sama sekali. Ini dia:

• Biaya. Ada mama yang tak keberatan jika harus membayar mahal untuk sekolah si kecil. Namun ada juga yang tak mau, dengan alasan tak ingin menghamburkan terlalu banyak uang untuk pendidikan dini.  

• Lokasi sekolah. Kebanyakan mama memang menjadikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan utama dalam mencari sekolah. “Kasihan si kecil kalau jarak sekolahnya terlalu jauh dari rumah,” demikian alasan para mama ini. Tapi, ada juga, lho, mama yang tak memikirkan soal lokasi atau jarak tempuh ke sekolah. “Toh ada supir yang siap mengantar dan menjemput anak setiap saat,” begitu alasan para mama tipe kedua ini.     

• Jam belajar. Jam belajar di preschool sebaiknya tidak lebih dari 2 jam. Dan ketika anak masuk TK, jam belajar tentu saja akan bertambah panjang. Seberapa lama jam belajar anak di sekolah, tentu Anda yang paling tahu kebutuhan anak. Apakah ia bermasalah dengan jam belajar yang panjang atau tidak.

• Aturan snack/makan. Jika Anda merasa kerepotan harus menyiapkan bekal untuk anak setiap pagi, Anda mungkin akan lebih memilih sekolah yang menyediakan snack atau makan siang untuk murid-muridnya.   

• Aturan potty training. Beberapa sekolah (biasanya TK) mensyaratkan anak sudah tidak memakai diapers ketika bersekolah. Tentu tak masalah jika anak memang sudah lulus potty training. Tapi jika belum, berarti Anda harus mencari sekolah lain yang mensyaratkan hal ini. 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia