Gerakan Ringan Perkuat Lutut

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda adalah memperkuat otot yang menyangga lutut: quadriceps di depan dan hamstrings di belakang. 


Kedua gerakan berikut tidak perlu apa-apa kecuali sebuah kursi, kata Susan Hood, personal trainer bersertifikat di Fairfield, CT:


Memanjangkan kaki untuk memperkuat quadriceps: Duduklah di atas kursi, punggung tegak, perut kencang, serta bahu relaks. Letakkan kedua lengan Anda pada pegangan kursi untuk menjaga postur tubuh. Angkat lutut kanan hingga sedikit lebih tinggi dari lutut kiri, lalu luruskan kaki Anda (dari lutut tanpa menggerakkan paha). Tahan selama tiga detik. Secara perlahan-lahan, tekuk lutut Anda, tapi jaga jangan sampai kaki menyentuh lantai. Ulangi latihan sebanyak 12-15 kali. Ganti dengan kaki kiri Anda.


Untuk menekuk hamstrings: Berdirilah dengan kedua kaki terbuka sejajar bahu. Lutut relaks dan sedikit menekuk, sementara perut kencang. Letakkan kedua tangan Anda pada belakang sandaran kursi yang ditaruh di depan Anda. Ini untuk membantu Anda menjaga keseimbangan. Tekuk kaki kanan ke arah bokong, ini membuat belakang kaki agak kencang saat diangkat. Tahan selama tiga detik. Pelan-pelan turunkan kaki, namun tidak sampai menyentuh lantai. Ulangi sebanyak 12-15 kali. Ganti kaki.


Lakukan sebanyak dua set @ 12-15 kali per gerakan, setiap dua hari, selama enam minggu. Berlatihlah hingga Anda mampu melakukan tiga set. Bahkan, jika terlalu mudah, tambahkan saja beban pada pergelangan kaki seberat 1,5-2,5 kg. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia