Kenali Kekerasan Seksual pada Anak

Yang dimaksud kekerasan seksual pada anak adalah apabila seseorang menggunakan anak untuk mendapatkan kenikmatan atau kepuasan seksual. Tidak terbatas pada hubungan seks saja, lho, tindakan-tindakan berikut juga termasuk kekerasan seksual pada anak:

- Menyentuh tubuh anak secara seksual, baik si anak memakai pakaian atau tidak.

- Segala bentuk penetrasi seks, termasuk penetrasi ke mulut anak menggunakan benda atau anggota tubuh.

- Membuat / memaksa anak terlibat dalam aktivitas seksual

- Secara sengaja melakukan aktivitas seksual di hadapan anak, atau tidak melindungi dan mencegah anak menyaksikan aktivitas seksual yang dilakukan orang lain.

- Membuat, mendistribusikan dan menampilkan gambar atau film yang mengandung adegan anak-anak dalam pose atau tindakan tidak senonoh.

- Memperlihatkan kepada anak, gambar, foto atau film yang menampilkan aktivitas seksual.


Kenapa korban penganiayaan seksual, seperti RI, menutup rapat kejadian yang menimpanya? Karena sebagian besar pelaku adalah orang yang dikenal dekat, anak-anak biasanya merasa bingung dan tidak tahu harus mengadu pada siapa serta bagaimana menceritakan kejadiannya. Selain itu, pelaku juga sering memanfaatkan rasa takut anak, rasa malu dan rasa bersalah anak atas kekerasan yang menimpa. Bahkan mungkin juga si pelaku mengancam untuk menyakiti si anak, orang tuanya, atau adik dan kakaknya bila anak mengadu. Jahat sekali, ya Ma! 


 

Edisi Terbaru

Family Holiday

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia