Jangan Sungkan Membicarakan Seks Dengan Pasangan


 

Komunikasi dan sikap terbuka perlu dikembangkan oleh setiap pasangan, bahkan pembicaraan tentang seks karena hal ini sangat bermanfaat bagi kelanggengan hubungan suami dan istri.
 
Menurut Sadhana Patil, konselor pernikahan asal India, pasangan yang terbuka dan tidak sungkan membicarakan seks dapat lebih bahagia dan memiliki pernikahan yang lebih baik. Alasannya, kedua pasangan merasa puas secara seksual yang menurunkan kemungkinan perselingkuhan dan mereka juga mampu mengatasi masalah secara damai, karena keduanya memiliki peran yang sama.
 
Sebaiknya, tiap pasangan bisa menikmati pembicaraan seks, membahas hal yang tidak disukai maupun yang disukai satu sama lain. Komunikasi ini membuat hubungan jadi lebih baik. Pasangan yang memiliki kehidupan seks yang sehat, kebanyakan memiliki perkawinan yang sehat, karena memiliki ikatan emosional yang kuat satu sama lain.
 
Mengingat bahwa masalah seksual adalah hal penting yang sebetulnya perlu dibicarakan agar hubungan tetap intim dan memuaskan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan obrolan dengan pasangan.

Laurie Watson, LMFT, LPC, seorang sex therapist dari North Carolina, AS memberikan 4 saran saat ingin membicarakan masalah seks dengan pasangan.
 
1. Pilih Momen yang Tepat 
Bila ada ganjalan di hati tentang hubungan seks Anda dan pasangan, hindari mengejutkan pasangan Anda dengan membicarakan keluhan seks saat Anda dan pasangan sedang atau usai melakukan hubungan intim. Pilih tempat dan waktu yang tepat untuk membicarakan topik sensitif ini. Misal, Sabtu sore saat pasangan terlihat tidak stres, ajak minum kopi sambil duduk santai di sofa.

2. Satu Topik Saja
Pastikan Anda hanya membicarakan satu topik saja dalam satu sesi obrolan. Jangan memberondong dengan banyak hal sekaligus.

3. Fokus Pada Saran
Lebih baik sampaikan saran dan contoh ketimbang keluhan. Daripada mengatakan, “Kamu kok, nggak tahu sih, kalau aku sukanya kamu melakukan itu.", lebih baik katakan, “Aku senang sekali, deh kalau kamu memulainya dari sini terus ke sini, dan berakhir di sini.” 
 
4. Hal-hal Mendasar
Pasangan Anda bukan mind reader, ia juga butuh tahu apa yang Anda inginkan. Hal-hal mendasar seperti kapan waktu berhubungan yang tepat, yang membuat Anda berdua dapat menikmatinya dengan bahagia tanpa terpaksa, seberapa sering frekuensi seks dalam seminggu, dan lainnya yang penting untuk dibicarakan.
 

Baca juga:
Mengapa Topik Seks Sering Dihindari Pasangan?
Nikmati 6 Manfaat Sehat Ini dengan Berhubungan Seks Rutin
Berat Badan Turun Tingkatkan Gairah Seks
Pengaruh Tidur pada Kehidupan Seks


(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY, SHUTTERSTOCK