7 Nilai Positif yang Didapat Anak dari Berpuasa



 

Anak Anda sudah mengajukan diri untuk mulai berpuasa tahun ini? Tak usah ragu dan khawatir, Ma. Kalau si kecil sudah siap, tinggal didampingi saja. Justru patut disyukuri karena niat baik ini justru muncul dari dirinya sendiri.
 

Selain mempraktikkan dan mempelajari agama lebih dalam lagi, berpuasa punya nilai-nilai positif yang dapat meningkatkan kapasitas personal anak, lho. Apa sajakah nilai positif yang bisa didapat anak dari berpuasa?
 

  1. Memegang Komitmen

Dengan niat berpuasa, anak akan menyusun sendiri komitmennya. Apakah itu dengan berlatih puasa setengah hari atau yakin untuk berpuasa penuh, biarkan ia menepati sendiri komitmennya tanpa ada paksaan dari orang tua.
 

  1. Jujur

Berpuasa adalah berpraktik untuk jujur pada diri sendiri dan orang lain. Si kecil bisa saja diam-diam membatalkan puasa tanpa ada yang tahu. Katakan padanya bahwa jika itu terjadi, dia bukan sedang membohongi Anda sebagai orang tuanya, melainkan membohongi dirinya sendiri, niatnya, dan komitmennya.
 

  1. Meningkatkan Self Esteem

Ketika anak berhasil memenuhi komitmennya untuk berpuasa, maka ia akan merasa bangga pada dirinya sendiri. Rasa bangga atas pencapaian anak dapat meningkatkan self esteem-nya.
 

  1. Mindful

Puasa adalah tentang belajar sabar. Bukan hanya sabar dari rasa lapar dan haus, melainkan juga sabar mengelola emosi mereka. Ini sangat baik untuk melatih mindfulness pada anak-anak. Mereka juga akan lebih bisa bersyukur atas apa yang mereka miliki: kesempatan untuk makan, minum, serta waktu bersama keluarga.
 

  1. Sibling Spirit

Berpuasa bagi kakak-adik dapat meningkatkan sibling spirit, lho. Mereka akan saling menyemangati untuk bangun sahur, menahan diri agar tidak sampai batal, atau beribadah bersama.
 

  1. Saling Menghargai

Nah, bagi anak yang adiknya belum berpuasa, ia akan belajar untuk menghargai adiknya untuk tetap makan dan minum. Ia akan belajar menghargai teman-teman lain yang tidak berpuasa juga.
 

  1. Tepat Waktu

Berpuasa juga mengajarkan anak-anak untuk tepat waktu. Selama Ramadan, rutinitas mereka akan berubah. Mereka harus bangun tepat waktu agar tidak melewatkan waktu sahur. Untuk mewujudkan itu, mereka juga harus tidur tepat waktu.

 

Baca juga:

7 Trik Mendampingi Puasa Pertama Anak

Manfaat Tetap Berolahraga Saat Puasa bagi Anak-anak

Bolehkah Memberi Iming-iming Hadiah Agar Anak Menjalankan Puasa?

6 Hal Positif yang Bisa Dicontohkan Selama Puasa

Mendorong Anak Semangat Berpuasa

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 

 

 


Topic

#lebaran #puasa #sahur #ramadhan #ramadan #pranaramadan #ramadanparenting #reseplebaran #resepramadan #resepramadhan #menupuasa

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

7 Nilai Positif yang Didapat Anak dari Berpuasa

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia