Anak Bermain di Luar Rumah, Pakaikan Sun Protection Khusus

bagaimana menjaga kulit anak saat bermain di luar rumah


Membawa anak bermain di luar rumah memang punya banyak manfaat. Selain mendapatkan vitamin D dari matahari, aktivitas di luar ruangan juga dapat mencegah mata minus pada anak, memberikan stimulasi sensorik dan motorik, juga dapat meningkatkan kecerdasannya, lho.
 
Akan tetapi, bermain di luar rumah juga punya risiko yang mengincar siapa pun, yakni paparan sinar UV matahari yang dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Oleh karenanya, sebelum membawa atau melepas anak bermain di luar rumah, orang tua jangan lupa untuk memakaikan sun protection.
 
Pemakaian sun protection ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga anak dari risiko kulit terbakar. Menurut Skin Cancer Foundation, menggunakan sun protection setiap hari dapat menurunkan risiko kanker kulit serta melanoma hingga 50%.
 
Pertimbangan Memilih Sun Protection untuk Anak
Nah, karena kulit anak-anak masih sangat sensitif, Mama dan Papa harus memilih sun protection yang sesuai dan lembut untuk kulitnya. Seperti apa kriteria sun protection yang tepat untuk anak-anak?
 

1. Harus Melindungi dari UVA dan UVB Sekaligus
Sun protection yang tepat untuk anak harus memberikan spektrum perlindungan yang luas. Viseslav Tonkovic-Capin, MD, dokter kulit Kansas City, AS mengatakan bahwa sun protection untuk anak harus dapat memblokir sinar UVA dan UVB sekaligus.
 

2. Minimal SPF 30
American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan agar semua anak memakai sun protection dengan minimal SPF 30. 

3. Formulasi Mineral
Sun protection yang sesuai untuk anak disarankan menggunakan formula mineral atau yang dikenal juga sebagai formula fisik, bukan formula kimia. Kenneth Mark, MD, dokter kulit dan ahli bedah kanker kulit Mohs di New York City, AS mengatakan bahwa sun protection berbahan mineral tidak terlalu mengiritasi.
 

4. Tahan Air
Bermain air adalah salah satu pilihan aktivitas yang menyenangkan bagi anak saat bermain di luar rumah. Oleh karenanya, Gretchen Frieling, MD, ahli dermatopatologi di Boston, AS juga merekomendasikan agar orang tua memilih produk sun protection yang memiliki formula tahan air.
 
 
Tiga Jenis Perlindungan
Melihat fakta bahwa di pasaran tidak banyak pilihan tabir surya yang dirancang khusus untuk bayi dan anak, Momami mengeluarkan rangkaian produk sun protection yang sesuai, natural, halal, dan terjangkau. Ada tiga macam produk yang memberikan tiga jenis perlindungan sekaligus.
 

  • Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion
Ini adalah tabir surya untuk badan dan wajah anak dengan SPF 50 PFA +++ yang berbentuk losion dan memberlikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Losion tabir surya ini diformulasikan dengan kandungan kaya vitamin E, aloe vera, dan minyak bunga matahari yang mudah menyerap pada kulit. Di samping itu, losion ini juga tidak memberikan efek whitecast.
 
Hal menarik lainnya, losion ini juga cocok digunakan untuk kegiatan di air seperti berenang atau bermain di pantai karena tahan air.
 
  • Itsy Bitsy Sun Stick
Ini adalah pilihan sun protection berbentuk stik praktis yang mudah dibawa bepergian dan diaplikasikan. Stik sun protection dengan SPF 50 PFA +++ yang melindungi dari sinar UVA dan UVB ini memiliki kandungan alami dari minyak bunga matahari dan squalane ini mampu melembapkan dan menyerap dengan cepat ke dalam kulit.
 
  • Sunny Buddy Soothing Gel
Setelah terpapar sinar matahari, Mama-Papa bisa memberikan Sunny Buddy Soothing Gel yang memberi efek menenangkan bagi si kecil. Fungsi dari gel yang memiliki kandungan alami aloe vera, allatonin dan betaine ini adalah untukmemperbaiki sel kulit setelah terkena sinar matahari, mendinginkan dan menenangkan, sekaligus sebagai antioksidan.
 
Gel ini mudah diserap kulit dan memili kandungan pH yang natural sehingga aman untuk kulit sensitif. Gel dengan bahan dasar air ini juga mampu meredakan efek kemerahan akibat paparan sinar matahari pada si kecil.
 
Cara Mengaplikasikan Tabir Surya dengan Benar:
  1. Oleskan 15-30 menit sebelum anak pergi ke luar rumah.
  2. Aplikasikan tabir surya di seluruh area tubuh mulai dari tangan, kaki, bahkan yang tertutup baju seperti lengan, belakang leher, atau bahu.
  3. Aplikasikan dalam jumlah yang cukup. Gunakan 9 sendok teh tabir surya untuk seluruh tubuh: 1 sendok teh untuk wajah dan leher, 1 sendok teh untuk bagian depan batang tubuh dan 1 untuk bagian belakang batang tubuh, 1 sendok teh untuk setiap lengan.
  4. Aplikasikan tiap dua jam.
 
Baca juga:
Jangan Larang Anak Main di Luar Ruangan, Ini Alasannya!
Anak Remaja Harus Lebih Dekat dengan Alam, Mengapa?
Ayo Main di Luar
10 Kebiasaan Sehat Keluarga Masa Kini
Cara Melindungi Bayi dan Balita dari COVID-19 Saat Harus Keluar Rumah
 
 
LTF
FOTO: DOK. KANMO GROUP, FREEPIK

 


Topic

#balita #kesehatananak #kesehatankulitanak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Bermain di Luar Rumah, Pakaikan Sun Protection Khusus